26 July 2017 14:16 WITA

TPID Ingin Kendalikan TPID Sulsel dengan Sop Konro, Bisa?

Editor: Almaliki
TPID Ingin Kendalikan TPID Sulsel dengan Sop Konro, Bisa?
Musni Hardi

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan melalui Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID), menyiapkan program SOP KONRO untuk mengendalikan kenaikan inflasi di Sulsel. 

SOP KONRO merupakan singkatan dari enam poin yang menjadi program kerja TPID untuk menahan laju besar inflasi.

Huruf S merupakan singkatan dari stok pangan yang selalu tersedia sesuai kebutuhan. O yang berarti operasi pasar dan sidak pasar. Sedangkan P, pemantauan harga dan pasokan secara rutin.

Adapun KONRO masing-masing memiliki singkatan koordinasi, komunikasi, dan kerja sama antardaerah, realisasi anggaran APBD yang mendukung program ketahanan pangan, dan optimalisasi peran TPID dalam pengendian inflasi.

"Program kerja TPID Sulsel ini menarik karena SOP KONRO," ujar Kepala Divisi Advisory dan Keuangan Daerah Bank Indonesia, Musni Hardi, Rabu (26/Juli/2017).

Lebih lanjut, pria kelahiran Sumatera Barat ini berharap, TPID bisa bekerja secara profesional untuk mengendalikan 10 komoditas yang selalu mengalami peningkatan inflasi tiap bulan, yakni beras, bandeng, cakalang, layang, bawang merah, daging sapi, cabai merah, daging ayam ras, teri, dan pisang.