10 July 2017 19:42 WITA

Begini Upaya OJK Perangi Investasi Bodong

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Begini Upaya OJK Perangi Investasi Bodong

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Peningkatan literasi dan inklusi masyarakat terhadap pasar saham yang merupakan wadah investasi legal, diakui efektif untuk menghilangkan peredaran investasi ilegal atau investasi bodong di masyarakat. 

Kepala Bursa Efek Indonesia Wilayah Makassar, Fahmin Amrullah mengatakan, selama lima tahun terakhir peningkatan literasi dan inklusi pasar saham masyarakat di Sulsel, utamanya Makassar tumbuh cukup pesat bahkan, meningkat hingga lebih dari 100 persen.

"Lima tahun terakhir pertumbuhannya cukup pesat. Saat ini sudah ada lebih dari 8.000 investor dilihat dari jumlah rekening aktif," kata Fahmin, Jumat (10/7/2017).

Sementara itu, kepala OJK Bambang Kiswono mengungkapkan sejalan dengan peningkatan literasi dan inklusi masyarakat terhadap pasar modal, jumlah kasus investasi bodong di Makassar atau di Sulsel juga kian menyusut.

"Terakhir adalah investasi Win 77 yang kita temukan di Gowa. Setelah itu sampai saat ini tidak ada lagi ditemukan di Sulsel," ungkap Bambang Kiswono.

Kendati OJK belum pernah melakukan kajian, khusus soal korelasi koperasi dan inklusi keuangan pasar saham dan berkurangnya investasi bodong, Bambang optimis pengetahuan masyarakat akan meningkatkan kepercayaannya terhadap investasi legal sehingga mengurangi potensi tergiur investasi bodong.

"Dapat dipastikan, masyarakat yang sadar, memiliki pengetahuan dan akses untuk berivestasi di pasar saham tidak akan tergiur dengan investasi bodong," tukasnya.

Tags