10 July 2017 14:15 WITA

OJK Pusatkan Sosialisasi Pasar Modal Terpadu 2017 di Makassar

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
OJK Pusatkan Sosialisasi Pasar Modal Terpadu 2017 di Makassar

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Bidang Pengawasan Sektor Pasar Modal (BPSPM) akan menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi dan Edukasi Pasar Modal Terpadu (SEPMT) 2017 di Makassar selama tiga hari sejak Senin, 10 Juli hingga Rabu, 12 Juli 2017.

Kegiatan ini telah diselenggarakan sejak tahun 2015 dan 2016 di 12 kota besar di Indonesia dan merupakan hasil kerjasama antara OJK dengan BEI, Perusahaan Efek serta Asosiasi Pengelola Reksa Dana Indonesia (APRDI).

Kepala OJK Sulsel, Bambang Kiswono mengatakan Makassar menjadi kota ke-5 diselenggarakannya program SEPMT tahun 2017 setelah Semarang, Yogyakarta, dan Surabaya, dan Palembang.

Berdasarkan survei indeks literasi keuangan tahun 2016, indeks pasar modal nasional hanya sebesar 4,4 persen, meningkat dari yang sebelumnya di tahun 2013 yaitu sebesar 3,79 Persen.

Sedangkan untuk indeks inklusi nasional tahun 2016 juga mengalami peningkatan dari 0,11 persen di tahun 2013 menjadi 1,25 persen di tahun 2016.

"Sehingga, diharapkan melalui kegiatan ini dapat lebih meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap Pasar Modal khususnya di Makassar," kata Bambang Kiswono, Senin (10/7/2017).

Adapun kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan selama kurang lebih tiga hari di Makassar, yakni pada 10 Juli pendalaman pasar modal kepada pegawai OJK. Keesokan harinya, Selasa, 11 Juli digelar kompetisi nasional games investasi pasar modal 2017 di Novotel Grand Shyala. Pada Rabu, 12 Juli diselenggarakan seminar pasar modal di Kampus STIEM Bintara.

Menurut Direktur Pengaturan Pasar Modal OJK, Luthfy Zain Fuady, yang berbeda dari program SEPMT tahun ini dengan tahun sebelumnya adalah program ini diselenggarakan bersamaan dengan dua kompetisi games investasi pasar modal 2017.

Kompetisi games yang pertama adalah Nabung Saham GO, yang merupakan aplikasi game simulasi trading yang dibuat sederhana untuk memudahkan pengenalan Pasar Modal kepada masyarakat yang masih awam. Kompetisi games kedua adalah Stocklab yaitu game simulasi investasi berbentuk kartu. 

Luthfy Zain Fuady menjelaskan, tujuan kedua permainan ini adalah untuk mengedukasi masyarakat mengenai investasi di pasar modal melalui cara yang lebih menyenangkan, tidak kaku seperti seminar dan workshop pada umumnya.

"Di masing-masing kota akan diambil 2 (dua) terbaik yang nantinya akan bertanding di Final. Nantinya final kedua kompetisi ini akan diselenggarakan di Jakarta sekaligus dalam rangka memperingati 40 Tahun Diaktifkannya Kembali Pasar Modal Indonesia pada bulan Agustus 2017," ungkap Luthfy.

Tags
OJK