Sabtu, 08 Juli 2017 19:16 WITA

Triwulan II 2017, Ekonomi Sulsel Diprediksi Membaik

Editor: Andi Chaerul Fadli
Triwulan II 2017, Ekonomi Sulsel Diprediksi Membaik
ilustrasi

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Pertumbuhan ekonomi Sulawesi Selatan pada triwulan II 2017 diperkirakan membaik. Hal ini diperkuat oleh sejumlah hal terutama terjadinya peningkatan di sektor investasi, konsumsi rumah tangga yang tetap tinggi dan ekspor yang diperkirakan terus meningkat.

Kepala Bank Indonesia Kantor Wilayah Sulsel, Bambang Kusmiarso mengatakan, pada triwulan ke II, investasi meningkat didukung oleh proyek infrastruktur pemerintah dan meningkatnya peran perusahaan swasta.

"Sementara itu konsumsi rumah tangga ikut meningkat dipengaruhi oleh pertumbuhan optimisme masyarakat didukung pendapatan yang ikut meningkat," katanya, belum lama ini.

Dari hasil survey konsumen optimisme konsumen terhadap kondisi ekonomi di Sulsel tercatat sebesar 136.1 yang meningkat dibandingkan bulan sebelumnya 134.8 berdasarkan Indeks Keyakinan Konsumen (IKK).

Kenaikan tersebut ditopang oleh peningkatan ekspektasi kondisi ekonomi 6 bulan kedepan yang tercatat sebesar 137 lebih tinggi dibandingkan bulan sebelumnya 133.7 atau meningkat 3.3 poin berdasarkan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK).

Indeks Kondisi Ekonomi Saat ini (IKE) yang menurun sebesar 0.8 poin menjadi 135.2 justru tidak terpengaruh begitu signifikan atas optimisme konsumen. Sebab level tersebut masih dianggap cukup tinggi.