30 June 2017 16:25 WITA

Willi-Anggiat Saling Puji, Kunci Sukses Phinisi Hospitality Group

Editor: Muh. Taufik
Willi-Anggiat Saling Puji, Kunci Sukses Phinisi Hospitality Group

RAKYATKU.COM, MAKASSAR--Ada hal menarik pada acara HUT Grand Clarion di Ballroom Phinisi, Hotel Clarion, Jumat (30/6). Di hadapan ribuan karyawan "penguasa" hotel di Makassar ini, Bos Besar Phinisi Hospitality Group, Willianto Tanta, beberapa kali memuji CEO-nya, Anggiat Sinaga. 

Bahkan, tak segan-segan, Willianto Tanta meminta putra-putrinya untuk belajar banyak kepada Anggiat. "Apa yang kita hasilkan sekarang, itu berkat CEO kita, Pak Anggiat," tandas Willianto, memuji, yang disambut aplaus para karyawan yang hadir.

Anggiat secara terpisah pun sangat menaruh hormat kepada Willianto Tanta. Anggiat yang kini sudah 20 tahun lebih bersama Willianto Tanta membangun bisnis hotel, mengungkapkan kalau bosnya (Willianto, Red) adalah sosok yang baik. Pun memberikan kepercayaan kepadanya dalam mengelola bisnis perhotelan yang kini sudah berjumlah lima hotel besar.

Dalam kesempatan itu, Willi yang didampingi sang istri dan anak-anaknya, mengungkapkan lima kebahagiaan. Pertama, kebahagiaan karena Grand Clarion sudah 11 kali merayakan ulang tahun. Kedua, kebahagiaan karena ulang tahun Grand Clarion bertepatan dengan ulang tahunnya. Selanjutnya, kebahagiaan karena bisa berkumpul bersama keluarga besar Hospitality Group (karyawan dan semua GM) pas setelah Idulfitri. Serta, kebahagiaan karena keluarga kecilnya; ia, istri, dan tiga anaknya bisa berkumpul bersama. Maklum, anak-anaknya rata-rata belajar di luar negeri.

Willianto Tanta pun memanggil istri dan tiga anaknya ke podium. Willianto memperkenalkan satu persatu. Tiga putra dan putrinya itu, nantinya adalah pelanjut estafet untuk lebih membesarkan hotel yang sudah dirintisnya bersama Anggiat Sinaga. 

Lalu, apa kunci sukses Phinisi Hospitality Group yang kini semakin memperlebar sayapnya di dunia perhotelan?  Anggiat Sinaga mengungkapkan, ada beberapa hal yang ia lakukan. Pertama, ia melakukan restorasi terkait masalah karyawan, peratalan, dan hal-hal yang dianggap bisa melakukan penghematan.

Ia mencontohkan, sedini mungkin, ia tanamkan bagaimana karyawan menjaga peralatan yang ada sehingga tidak rusak. Tujuannya, agar terjadi efisiensi dan ujung-ujungnya juga untuk kesejahteraan karyawan.

Hal lain, Anggiat menekankan perlunya hospitality (sombere) melekat pada setiap karyawan. Sehingga, pengunjung dan atau kilent merasa nyaman. 

Anggiat mengakui, dengan persaingan hotel yang begitu luar biasa sekarang, maka inovasi harus terus-menerus dilakukan. "Kita melakukan berbagai hal. Bahkan, kalau perlu saya katakan, kita melakukan revolusi untuk memberikan yang terbaik," tandasnya, meyakinkan.

Tak ayal, kekompakan pucuk pimpinan yakni Willianto Tanta dan Anggiat Sinaga, dinilai sebagai kunci sukses sehingga Phinisi Hospitality Group tampil sebagai "penguasa" hotel di Makassar. Terlebih lagi, dengan ekpansi perusahaan ini yang mulai membangun mall.

Hadir dalam acara ini, para GM hotel dibawah naungan Hospitality Group, yakni Head Office Hotel Phinisi, Yusuf Sandi, GM Hotel Quality, Makmur, dan GM Hotel Dalton, Andi Djunaedi.

Dalam acara HUT Grand Clarion ke-11, dirangkaikan dengan pemberikan penghargaan kepada karyawan terbaik, pengundian umrah, perjalanan rohani, dan berbagai hadian lainnya. Sekadar informasi, perusahaan hotel di bawah naungan Phinisi Hospitality Group kini memiliki karyawan lebih dari 2000 orang.