26 June 2017 11:58 WITA

Dinas Koperasi Sulsel Bantu Pasarkan Produk UMKM

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Dinas Koperasi Sulsel Bantu Pasarkan Produk UMKM

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Prospek ekonomi di Provinsi Sulawesi Selatan tidak terlepas dari pengaruh perkembangan ekonomi nasional dan global. Untuk itu, Dinas Koperasi dan UMKM (Diskop) Sulsel terus mendukung peningkatan kualitas produk dari UMKM yang ada.

Kepala Bidang UMKM, Suharyanti mengatakan pihaknya bersedia membantu pelaku UMKM dalam memasarkan produknya. Menurut dia, selain memberi pelatihan pada pelaku UMKM, bantuan pemasaran produk juga merupakan hal yang penting.

"Kami menyediakan tempat khusus untuk memasarkan produk UMKM di lantai 1, kantor bidang UMKM. Disana, sudah ada ratusan produk hasil dari beberapa pelaku UMKM, seperti baju, gelas, krupuk, abon, hiasan, kue-kue kering dan masih banyak lagi," kata Suharyanti.

Lebih lanjut ia menambahkan, Jika produk yang hendak dipasarkan memiliki kemasan yang kurang menarik, maka pelaku UMKM dapat mendiskusikan masalah tersebut di Bengkel Kemasan yang berada di dekat tempat penjualan produk UMKM.

"Kita juga punya bengkel kemasan, disana ada tenaga ahli kemasan dari Jepang. Jadi, pelaku UMKM yang merasa kemasan produknya kurang menjual, dapat didiskusikan dengan tenaga ahli tersebut. Perlu diketahui, pemasaran produk dan diskusi dengan tenaga ahli ini tidak dipungut biaya," jelasnya.

Suharyanti menambahkan, meski pihak Diskop Sulsel tidak menyediakan dana khusus untuk pelaku wirausaha, namun jika wirusaha tersebut memiki proposal dan mengirimkan ke kementerian, maka tidak menutup kemungkinan ia akan mendapatkan bantuan anggaran.

"Kalau dia kirim proposal ke kementrian, dan semua persyaratannya mencukupi, besar kemungkinan ia akan mendapat bantuan dalam hal ini," pungkasnya.

Tags
umkm