26 June 2017 09:12 WITA

5 Tips Untuk Tingkatkan UMKM

Editor: Almaliki
5 Tips Untuk Tingkatkan UMKM

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UKM) merupakan suatu bisnis yang dapat dilakukan oleh siapapun. Namun manajemen usaha yang kurang baik, dapat menyebabkan UKM tersebut mengalami kemunduran.

Kepala Bidang UMKM Dinas Koperasi Sulsel, Suharyanti mengatakan bisnis kecil bisa berkembang semakin besar, bila dikelola dengan tepat. Layaknya sebuah perusahaan besar, pelaku UMKM harusnya mempunyai manajemen dan kinerja yang baik.

Ia kemudian memberikan beberapa tips kepada pelaku UMKM, agar dapat mengembangkan bisnis yang tengah dilakoni.

1. Rancang rencana bisnis yang tepat

Menjalankan bisnis yang tidak terarah dapat menyebabkan pemborosan uang, waktu, dan energi. Maka dari itu ada baiknya jika pelaku UMKM terlebih dahulu merancang rencana bisnis. Karena akan berpengaruh besar terhadap bisnis yang akan dijalankan. Seperti menganalisis potensi pasar, memantau kompetitor bisnis, strategi pemasaran produk, optimalisasi sumber daya manusia, mengontrol arus finansial.

2. Ciptakan SOP

Standard Operating Procedure (SOP) juga dibutuhkan dalam menjalankan bisnis UMKM. Tujuannya untuk menjaga kualitas produk agar tetap baik. Sebenarnya semakin kecil usaha yang digiati, maka SOP sangat mudah diaplikasikan, karena mudah dalam mengontrolnya. Bila cara ini telah diterapkan dari kecil dan jika bisnis berkembang lebih pesat, maka SOP akan semakin mudah dilakukan, karena semuanya telah terbiasa menjalankan pola SOP dengan benar.

3. Segmentasi pasar

Dalam merancang suatu produk, UMKM harus menjalankan segmentasi pasar. Cara ini banyak dilakukan oleh pengusaha-pemgusaha besar dalam mempersiapkan produknya. Sebuah produk atau jasa, harus membidik pasar tertentu agar manfaat dari sebuah produk bisa maksimal dirasakan konsumen. Karena tiap market punya kebutuhan yang berbeda. Dengan melakukan segmentasi pasar, usaha kecil menengah bisa lebih mengoptimalkan setiap produk yang akan dikeluarkan.

4. Peningkatan kapasitas informasi teknologi (IT)

Saat ini telah banyak perangkat lunak yang dikembangkan agar dapat membantu proses bisnis dengan melakukan penyimpanan informasi atau data dari aktivitas yang telah terjadi pada suatu perusahaan. Informasi atau data memegang peran yang sangat penting dalam suatu perusahaan untuk mengetahui kegiatan apa yang telah terjadi dengan perusahaannya, mengevaluasi apakah kegiatan yang dilakukan telah sesuai dengan apa yang telah direncanakan, dan menjamin agar data tersebut dapat diolah secara efisien menjadi informasi yang akurat.

5. Media internet

Peran internet bagi usaha kecil menengah sangat penting. Dengan internet, usaha kecil menengah bisa mengembangkan jaringan bisnisnya ke pelosok nusantara, atau di mancanegara, dengan biaya murah namun memiliki efektifitas yang luar biasa. Selain itu, internet juga bisa mengembangkan usaha dengan mendapatkan mitra secara daring. Hal tersebut sangat efektif dan efisien, karena contoh periklanan dan biaya transportasi dapat diminimalisir.

Tags
umkm