Sabtu, 24 Juni 2017 12:03 WITA

Stok Mobil Rental di Makassar Habis

Editor: Sulaiman Abdul Karim
Stok Mobil Rental di Makassar Habis

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Stok mobil rental di Makassar, jelang Ramadan, kini telah habis. Hal itu disampaikan oleh Ketua Asosiasi Perusahaan Kendaraan Rental Indonesia (Asperkindo) Sulsel, Irwan Djafar. Disampaikan, teruntuk perusahaan mobil rental di Makassar, tak ada lagi stok yang tersedia.

"Dari puluhan perusahaan mobil rental di Makassar, itu sudah tidak ada lagi mobil sewa. Mungkin yang masih ada itu mobil rental rumahan. Yang tidak berbentuk perusahaan," kata Irwan yang juga Legislator Makassar tersebut, Sabtu (24/6/2017).

Irwan mengungkap, rata-rata penyewa mobil merupakan perantau. Malahan, sejumlah perental mobil telah booking kendaraan sebelum bulan Ramadan. Teruntuk sewa mobil, Irwan mengungkap, ada kenaikan harga yang cukup drastis, hingga 100 persen dari sewa regularnya.

"Misalnya mobil Avanza atau sejenisnya dari tarif biasanya itu sebesar Rp 350 ribu. Sekarang disewakan Rp 800 ribu per harinya,  bahkan ada kendaraan yang mencapai Rp 1 juta per harinya yang berjenis Innova," beber Irwan.

Selain itu pula, rata-rata pihak perental, tidak menyewakan mobilnya jika hanya disewa sehari. "Minimal kita lepas itu kalau mau sewa 3 hari. Ada juga yang ambil 5 sampai 10 hari," tutur Irwan yang memiliki mobil rental sekitar 60 unit tersebut.

Irwan mengakui bahwa kenaikan tarif sewa rental mobil tersebut dipengaruhi oleh tingkat permintaan yang juga begitu tinggi.  Akibatnya para,  perusahaan rental mobil juga memanfaatkan momen tersebut. 

"Kenaikan harga sewa itu dipengaruhi oleh tingginya pemasanan mobil rental,  jadi hukum ekonomi seperti itu,"terang politikus NasDem tersebut.