18 June 2017 03:30 WITA

Indonesia Promosikan Ekonomi Digital

Editor: Andi Chaerul Fadli
Indonesia Promosikan Ekonomi Digital

RAKYATKU.COM - Indonesia mepromosikan program-program ekonomi digital pada panel diskusi tingkat tinggi pertemuan World Summit on Information Society (WSIS) Forum 2017 di Markas Besar International Telecommunication Union (ITU) Jenewa, Swiss belum lama ini. 

Pada kegiatan ini Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kemenkominfo, Semuel Abrijani Pangerapan selaku Ketua Delegasi Indonesia pada WSIS Forum 2017 memaparkan berbagai perkembangan dan kebijakan Indonesia mengenai transformasi digital di era ekonomi digital pada panel bertema "ICT Applications and Services, Digital, Economy and Trade, Climate Change".

Indonesia memperkenalkan konsep best practice program Laku Pandai untuk mendukung layanan keuangan digital yang inklusif. Laku Pandai adalah sebuah program branchless banking yang menyediakan layanan perbankan dan keuangan bagi rakyat di daerah terpencil dengan didukung penggunaan sarana teknologi informasi.

Dikutip dari situs Kementerian Luar Negeri (Kemlu), Indonesia juga memiliki kebijakan prioritas seperti penerbitan Peta Jalan e-Commerce. 

Terdapat pula program seperti 1000 startup digital, 8 Juta UMKM Go Online, dan 1 Juta Nelayan dan Petani Go Online, yang diharapkan dapat tercapai pada tahun 2020. 

Melalui berbagai kebijakan dan program tersebut, Indonesia menargetkan perwujudan visi ekonomi Indonesia sebagai Negara Ekonomi Digital terbesar di Asia Tenggara dengan nilai transaksi sebesar 130 juta dollar AS pada tahun 2020.

Pertemuan WSIS Forum 2017 ini dihadiri berbagai pemangku kepentingan TIK dari 150 negara dan membahas tema besar kontribusi TIK terhadap pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs).

Indonesia dan Brazil sering disebut sebagai prototipe negara yang tergolong sukses dalam memajukan kepentingan TIK-nya, khususnya dalam pengembangan tata kelola internet (internet governance). 

Tags