05 June 2017 12:03 WITA

Ramadan, Transaksi Gadai di Pegadaian Tumbuh Rp40 Miliar

Editor: Almaliki
Ramadan, Transaksi Gadai di Pegadaian Tumbuh Rp40 Miliar

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Memasuki pekan kedua Ramadan, transaksi gadai di PT. Pegadaian Makassar semakin meningkat. Bahkan secara kumulatif, transaksinya meningkat Rp40 miliar dibandingkan transaksi pada bulan-bulan sebelum Ramadan.

Humas Pegadaian Kanwil VI, Kahar Kalla mengatakan tren peningkatan gadai pada awal Ramadan memang kerap terjadi. Apalagi masyarakat yang menggeluti usaha mikro kecil dan menengah membutuhkan tambahan modal usaha. 

"Selama bulan Ramadhan akan banyak masyarakat yang membuka usaha dadakan, seperti jajanan buka puasa, perlengkapan ibadah, dan kebutuhan-kebutuhan di bulan puasa lainnya," ungkapnya.

Sebelumnya, PT. Pegadaian memprediksi akan terjadi lonjakan permintaan gadai dan modal usaha mikro pada bulan Ramadan. Makanya, Pegadaian Kanwil Makassar menargetkan transaksi hingga Rp100-200 miliar selama Ramadan.

Analis Data PT Pegadaian Kanwil VI Makassar, Maksum saat ditemui di kantornya menjelaskan, bahwa pola transaksi yang terjadi di masyarakat adalah dua pekan jelang puasa hingga sepekan jelang lebaran. Saat itu transaksi permintaan pinjaman akan melonjak.

"Karena kebutuhan masyarakat selama Ramadan biasanya cukup besar. Apalagi pengusaha mikro dan kecil itu biasanya membutuhkan tambahan modal usahanya. Jadi selain gadai produk mikro seperti Arum BPKB dan Arum BPKB syariah, biasanya meningkat," katanya.