17 May 2017 23:48 WITA

PJI-Mandiri Cari Solusi Tingkatkan Produksi Beras dan Kakao di Sulsel

Editor: Andi Chaerul Fadli
PJI-Mandiri Cari Solusi Tingkatkan Produksi Beras dan Kakao di Sulsel

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Perhimpunan Jurnalis Indonesia (PJI) Sulsel dan PT Bank Mandiri Tbk menggelar Focus Group Discussion (FGD) di Hotel Grand Clarion, Makassar, Rabu (17/5/2017).

Regional Transaction and Consumer Head Bank Mandiri Regional Sulawesi-Maluku, Putut Putranto mengatakan, FGD ini dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi di Sulawesi Selatan, melalui sektor pertanian mengingat besarnya kontribusi sektor tersebut.

"Demikian pula dengan kontribusi dari sektor pertanian terutama komoditas padi dan kakao di mana Bank Mandiri dapat mengambil peranan penting dalam pertumbuhan tersebut," katanya. 

Ketua PJI Abdullah Ratingan mengatakan, FGD ini sengaja melibatkan para pemangku kepentingan di sektor pertanian beras dan kakao untuk mengungkapkan persoalan-persoalan yang dihadapi oleh petani beras dan kakao serta upaya untuk memecahkan masalah tersebut.

Dalam diskusi, terungkap terus menurunnya produksi kakao. Sehingga mempengaruhi nilai ekspor dari USD400 juta pada 2009 menjadi USD 150 juta pada 2016. 

Adapun penyebab menurunnya volume produksi biji kakao disebabkan hama atau penyakit tanaman, umur tanaman yang sudah tua, hingga alih fungsi lahan sebanyak 30 ribu hektar.

Guna meningkatkan produksi, langkah yang bisa dilakukan adalah peremajaan dan intensifikasi. Peningkatkan produksi sangat diperlukan mengingat dari enam pabrik pengolahan biji kakao berkapasitas 165 ribu ton pertahun, hanya dua yang berproduksi. Itupun kapasitasnya hanya 40 ribu ton dari kapasitas terpasang 125 ribu ton. 

Sementara itu, di komoditas beras, para pemangku kepentingan merasa perlunya Pasar Induk Beras dibangun di Makassar. Hal ini untuk menciptakan stabilitas harga beras di Sulawesi Selatan. 

Akibat ketiadaan pusat informasi harga dan Pasar Induk Beras, pergerakan harga beras di Sulawesi Selatan saat ini menjadi simetris mengikuti harga beras di Pasar Induk Cipinang. 

Tags