Senin, 16 Mei 2016 10:55 WITA

Tak Perlu Jadi Peserta BPJS, Layanan Kesehatan Maksimal 'Masih Bisa' Dinikmati Tanpa Biaya

Penulis: Syamsul Bahri
Editor: Wiwi Amaluddin
Tak Perlu Jadi Peserta BPJS, Layanan Kesehatan Maksimal 'Masih Bisa' Dinikmati Tanpa Biaya

RAKYATKU.COM, GOWA -  Kabar gembira untuk masyarakat, khususnya yang bermukim di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Masyarakat di kabupaten tersebut bisa memeroleh layanan kesehatan maksimal tanpa harus menjadi peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Hal tersebut disampaikan Bupati Gowa, Adnan Purictha Ichsan. Ia menegaskan masyarakat yang tidak terdaftar sebagai kepesertaan BPJS Kesehatan, agar tetap berobat seperti peserta BPJS pada umumnya. Caranya, kata dia, masyarakat kabupaten Gowa cukup membawa KK dan KTP di unit pelayanan kesehatan setempat.

(Baca juga: Wali Kota Makassar Sambut Ajakan Adnan Gugat BPJS Kesehatan)

"Bagi masyarakat yang tidak mempunyai kartu BPJS atau tidak mampu membayar iuran BPJS saya tekankan untuk tetap datang berobat di pelayanan kesehatan di Kabupaten Gowa. Pemda gowa siap membayarkan untuk memenuhi tanggung jawab pemda dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat gowa," kata  Adnan saat menggelar coffe morning bersama SKPD Pemda Gowa di kantor Bupati Gowa, Senin (16/5/2016). 

loading...

"Silakan berobat ke Puskesmas atau Rumah Sakit, cukup dengan menggunakan KTP dan KK untuk medapatkan pelayanan, Pemkab siap membayarkan seluruh biaya pelayanan kesehatan, karena itu adalah kewajiban pemerintah," ujarnya, menambahkan.

Menurutnya, kebijakan yang dilakukan melalui sikap judicial review BPJS tersebut, sebagai salah satu pemenuhan janji Pemkab Gowa dalam hal berpihak untuk kepentingan rakyat. Ia menilai masyarakat di Kabupaten Gowa selama ini terlalu dibebankan untuk memeroleh layanan kesehatan yang maksimal.

"Kasihan rakyat harus dibebani biaya kesehatan padahal itu kewajiban pemerintah, kalau rakyat sehat tentu dia bisa bekerja dan mengubah kesejahteraan hidupnya,"tukasnya.

Loading...
Loading...