06 April 2017 11:07 WITA

Eximbank, KEIN dan Kadin Bersinergi Dorong UMK Lakukan Ekspor

Editor: Jumardin Akas
Eximbank, KEIN dan Kadin Bersinergi Dorong UMK Lakukan Ekspor

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) atau Eximbank bekerja sama dengan Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) dan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) menggelar bussiness gathering dengan pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) yang berpotensi dan berorientasi ekspor.  

Kegiatan ini digelar di Four Poin Hotel by Sheraton Makassar, Kamis (6/4/2017). Dengan mengangkat tema Sinergi Kelembagaan dalam mendorong peningkatan usaha kecil menengah ekspor (UKME) di Kawasan timur Indonesia, acara ini terbagi kedalam dua bagian yaitu seminar dan coaching clinic atau pelatihan. 

Bussiness gathering inu dihadiri oleh 250 pelaku usaha dimana 200 diantaranya mengikuti seminar dan 50 pelaku usaha mengikuti coaching clinic. 

Pelaksana Tugas Direktur Eksekutif Indonesia  Eximbank, Susiwijoyo Moegiarso mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu program kerja Eximbank tahun 2017 demi mendorong agar pelaku UKM dapat meningkatkan kompetisi dan termotivasi untuk melakukan ekspor sehingga dapat berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi  baik regiional maupun nasional.

"Pemilihan KTI sebagai sasaran pelatihan  juga sejalan dengan upaya pemerintah melakukan pemerataan pembangunan ekonomi termasuk kinerja ekspor di seluruh wilayah indonesia" jelasnya.

Salah satu peserta coaching clinic, Eba Suhaeba yang bergerak di bisnis bordir pakaian mengaku tertarik untuk mengikuti kegiatan ini karena hasil karyanya telah memiliki kualitas dan karakteristik unik yang dapat menjadi nilai jual di pasar internasional. 

Produk yang dipasarkan Eba adalah kain sutra tenun yang dihiasi dengan bordir lontara dan phinisi yang merupakan salah satu ciri khas Makassar. 

"Saya berharap setelah mengikuti kegiatsn ini, peluang untuk melakukan ekspor semakin terbuka," katanya. 

Direktur Pelaksana V Indonesia Eximbank Bonifacius Prasetyo mengatakan, dukungan Eximbank terhadap UKM bukan hanya dalam bentuk pembiayaan namun juga akan mendapatkan pendampingan.

"Sehingga kita bisa bersama-sama mendorong para pelaku UKM ini untuk naik kelas menjadi usaha skala besar,"  katanya.

Tags