16 February 2017 14:32 WITA

Sosialisasi Tax Amnesty di Bulukumba Baru Dimulai

Editor: Andi Chaerul Fadli
Sosialisasi Tax Amnesty di Bulukumba Baru Dimulai

RAKYATKU.COM, BULUKUMBA - Sosialisasi Tax Amnesty atau pengampunan pajak di Kabupaten Bulukumba berlangsung di ruang pola Kantor Bupati, Kamis (16/2/2017). Sementara program Tax Amnesty akan berakhir pada 31 Maret nanti.

Kepala Kantor Pajak Pratama Bulukumba, Sofyan mengatakan jika di Bulukumba terdapat 33.977 Wajib Pajak. Hal itu, kata dia, turut berpengaruh pada penerimaan pajak dan DAU serta DAK yang diterima pemerintah kabupaten.

"Kita dapat lihat bahwa DIPA Bulukumba tahun 2017 yang sudah diterima menurun dari DIPA tahun 2016," kata dia.

Olehnya itu, pihaknya bakal terus melakukan upaya-upaya penerimaan pajak. Baik secara ekstensifikasi, sosialisasi, maupun door to door agar masyarakat bersedia melaksanakan aturan perpajakan dengan baik dan benar.

Wakil Bupati Bulukumba, Tomy Satria Yulianto mengatakan, Tax Amnesty banyak mendorong pengusaha-pengusaha ke Kementerian Keuangan untuk melaporkan harta kekayaannya.

Kondisi seperti itu, kata Tomy, terkesan lebih banyak bergerak di pusat dibanding di daerah. Itulah, menurut dia, sebab penerimaan pajak daerah rendah. 

Meski sosialisasi terkesan lambat, tapi Tomy, mengapresiasi upaya dari pihak kantor perpajakan melakukan sosialisasi. Harapannya para pejabat dapat melaporkan obyek pajaknya yang selama ini tidak dilaporkan.

"Kita mendorong untuk melaporkan karena sudah dipayungi oleh undang-undang, ini juga menjadi momentum untuk meng-clear-kan harta kekayaan kita yang selama ini tidak dilaporkan di SPT," kata dia.