10 February 2017 08:45 WITA

Pemerintah Siapkan 7 Rute Baru di Tol Laut

Editor: Andi Chaerul Fadli
Pemerintah Siapkan 7 Rute Baru di Tol Laut

RAKYATKU - Pemerintah berencana menambah rute dan kapal di tol laut untuk menekan harga komoditas di daerah-daerah. Tahun ini, ada 7 rute baru yang tengah disiapkan untuk tol laut.

"Untuk seluruh Indonesia tahun ini akan tambah lagi tujuh rute plus 100 kapal," ujar Presiden Joko Widodo, kemarin, dikutip dari situs Kementerian Keuangan.

Penambahan rute dan kapal itu diharapkan bisa menekan harga komoditas, seperti yang terjadi di Provinsi Maluku.

Adanya penambahan dua kapal ferry Ro-Ro Lelemuku yang melayani rute Saumlaki-Adaut-Letwurung dan Ro-Ro Tanjung Sole yang  melayani rute Namlea-Manipa-Waesala membuat harga komoditas yang ada di Maluku mengalami penurunan signifikan.

"Ini sudah dicek harga turun antara 20 persen sampai 30 persen karena adanya rute-rute baru, adanya kapal-kapal baru," ungkap Jokowi.

Jokowi mendapatkan keluhan dari para nelayan yang tidak bisa melaut pada saat musim ombak. Hal ini dikarenakan kapal yang digunakan para nelayan merupakan kapal kecil yang tidak bisa berlayar pada saat musim ombak.

"Tahun ini di sini juga akan ditambah lagi kapal besar 1500 GT karena tadi saya mendengar banyak keluhan kalau pas musim ombak yang 500 GT ini kadang-kadang berani, kadang-kadang tidak berani jadi memang perlu yang lebih besar," jelasnya.