Jumat, 27 Januari 2017 13:25 WITA

Rencana Investasi Kilang Minyak di Selayar Capai USD15 Miliar

Penulis: Al Khoriah Etiek Nugraha
Editor: Jumardin Akas
Rencana Investasi Kilang Minyak di Selayar Capai USD15 Miliar
Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP Sulsel,  AM Yamin (kiri)

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Arab Saudi dan Amerika Serikat rencananya akan berinvestasi dalam pembuatan kilang minyak di Kabupaten Kepulauan Selayar tahun ini. 

Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP Sulsel, AM Yamin mengatakan, investor yang akan membuat kilang minyak di Selayar telah mendapatkan izin prinsip dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) RI. 

"Ada dua grup investor yang akan masuk untuk kilang minyak Selayar. Untuk pantai Barat itu Arab Saudi, dan pantai Timur dari Amerika. Izin prinsipnya akan diserahkan BKPM Pusat pada kami, lalu akan kami koordinasikan dengan Pemda setempat," ungkap AM Yamin, Jumat (27/1/2017).

Sementara, Kepala Bidang Pengendalian dan Pengawasan DPMPTSP Sulsel, Indiani Ismu mengatakan rencananya total investasi yang akan masuk untuk kilang minyak tersebut, sebesar USD15 miliar.

loading...

"Rencananya Maret 2017 akan mulai konstruksinya. Kita sangat berharap mudah-mudahan kali ini sudah bisa terealisasi. Karena biasanya ada investor yang ada izinnya tetapi di lapangan tidak ada aktivitas. Kita berharap ini betul-betul dapat dilaksanakan," ungkap Indiani. 

Diketahui, untuk pembangunan kilang minyak di Selayar ini, Pemerintah Daerah setempat dalam hal ini Bupati Selayar telah melakukan pemantauan bersama dengan tenaga ahli. 

Sementara, untuk potensi kilang minyak di Sulsel selain di Kepulauan Selayar, Indiani mengaku telah beberapa waktu lalu telah dilakukan penelitian di Kota Parepare, oleh beberapa pihak. Namun hingga saat ini belum ada laporan lanjutan terkait hal tersebut.
 

Loading...
Loading...