12 January 2017 13:32 WITA

Tax Amnesty Periode III, DJP Sulselbar Andalkan UMKM

Editor: Andi Chaerul Fadli
Tax Amnesty Periode III, DJP Sulselbar Andalkan UMKM

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kantor Wilayah Sulselbar masih membidik pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sebagai sasaran peserta pengampunan pajak atau Tax Amnesty periode III, Januari-Maret 2017.

Pada periode ini tarifnya sebesar 5 persen dan 10 persen untuk deklarasi luar negeri. Namun, khusus bagi wajib pajak UMKM hanya akan dikenakan tarif 0,5 persen untuk yang deklarasi harta sampai dengan Rp10 miliar, yang lebih dari Rp10 miliar dikenakan tarif 2 persen. 

Kabid P2 Humas DJP Sulselbar, Aris Bamba mengatakan, jumlah UMKM di Sulsel yang cukup banyak berpotensi menjadi wajib pajak yang memanfaatkan Tax Amnesty. Apalagi, menurutnya, tarif tebusan yang diberikan sangat ringan bagi pelaku UMKM.

"Sasaran utama diharapkan masih UMKM karena tarifnya flat, sejak berlaku Tax Amnesty sampai berakhirnya nanti 31 Maret 2017. Tapi tidak menutup kemungkinan masih ada juga non-UMKM, " katanya.

Aris melanjutkan, kendati tidak memasang target, pihak DJP Sulselbar optimis jumlah dana tebusan yang dicapai pada periode ke III bisa lebih besar dari periode sebelumnya. 

Seperti diketahui jumlah dana tebusan periode kedua tax amnesty di Sulselbar mencapai Rp140 miliar. Dana ini terkumpul dari 8.610 wajib pajak (WP) yang didominasi pelaku UMKM.