10 January 2017 09:41 WITA

Orang Terkaya Jepang Kehilangan Rp18,6 Triliun Dalam Sehari

Editor: Jumardin Akas
Orang Terkaya Jepang Kehilangan Rp18,6 Triliun Dalam Sehari
Tadashi Yanai

RAKYATKU.COM - Orang terkaya di Jepang Tadashi Yanai kehilangan USD1.4 miliar (setara Rp18,6 triliun) dalam sehari setelah saham perusahaannya Fast Retailing yang menaungi Uniqlo turun drastis sebesar 6,7 persen. 

Ketua dan pendiri perusahaan mengalami penurunan kekayaan terbesar di antara 500 orang terkaya di dunia menurut Indeks Bloomberg Billionaires.

Uniqlo Jepang yang memproduksi pakaian musim dingin mengumumkan penurunan dan menyebut penyebabnya adalah cuaca panas yang menurunkan penjualan pakaian musim dingin. Secara keseluruhan penerimaan turun lima persen.

Kekayaan bersih Yanai saat ini berdiri sebesar USD17.7 miliar dan membuat dia tergelincir setelah menderita kerugian enam peringkat dari daftar orang terkaya dunia.

Yanai (67)membuka toko Uniqlo pertama di Hiroshima pada tahun 1984, dan sejak itu membawa perusahaan dengan pertumbuhan yang cepat.

Penurunan saham ini menambah daftar anjlok saham Jepang setelah sebelumnya Toyota harus mengalami hal yang sama. Saham Toyota turun setelah Donald Trump meminta perusahaan mobil ini membuka pabrik di Amerika dan bukan Meksiko. Baca: Gara-gara Tweet Donald Trump, Toyota Kehilangan Rp15,9 Triliun