07 January 2017 12:03 WITA

Inflasi Sulsel Bisa Lewat 5% di 2017

Editor: Andi Chaerul Fadli
Inflasi Sulsel Bisa Lewat 5% di 2017
ilustrasi

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Pemerintah membidik angka inflasi berada pada angka 3-5 persen selama 2017. Sayangnya, sejumlah pihak meramalkan angka inflasi bisa lebih tinggi akibat kenaikan sejumlah tarif kebutuhan dasar di awal tahun. 

Pengamat ekonomi dari Universitas Hasanuddin, Dr Anas Anwar Makkatutu menjelaskan, inflasi di Sulawesi Selatan bisa saja melonjak hingga di atas 5 persen. Akibat banyaknya hal yang naik, baik akibat kenaikan akibat regulasi atau maupun yang tidak diprediksi.

Umumnya, kata Anas, pada saat musim hujan seperti saat ini akan mengganggu produksi dan transportasi supplai berkurang dan harga naik. Yang diakibatkan oleh keadaan iklim ini biasanya tidak lama karena ketika pasokan komoditi normal, maka harga bisa kembali normal. 

"Sekarang ditambah lagi dengan kebijakan pemerintah menaikkan tarif beberapa sektor. Yang agak lama akibat adalah naiknya sektor-sektor ekonomi yang dasar, seperti listrik dan lain-lain," katanya. 

Yang perlu diwaspadai, menurut dia, pihak-pihak yang memanfaatkan kenaikan tarif dan harga komoditi. "Yang ikut-ikutan ini yang bahaya. Istilahnya free riders. Dengan alasan semua naik, maka dia juga harus naikkan harga. Padahal tidak ada hubungannya," jelasnya.