Kamis, 05 Januari 2017 20:55 WITA

Ini Bukti Sulsel Masih Jadi Lumbung Padi Nasional

Editor: Jumardin Akas
Ini Bukti Sulsel Masih Jadi Lumbung Padi Nasional
Syahrul Yasin Limpo

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Sulawesi Selatan selama ini dikenal sebagai provinsi penyumbang beras dan jagung di Indonesia. Hal itu pun kembali dibuktikan di tahun 2016.

Dalam rapat koordinasi Kementan RI, 4 Januari 2017, Sulsel disebut sebagai daerah dengan produksi padi terbesar ketiga dan produksi jagung kedua terbesar di Indonesia pada 2016.

Prestasi itu sejalan dengan keberhasilan Sulsel menjadi daerah kedua terbesar peningkatan luas tanam di Indonesia setelah Jawa Timur.

Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo mengatakan, keberhasilan itu adalah wujud nyata komitmen pemerintah untuk terus mendongkrak sektor pertanian.

"Produksi padi dan jagung semakin baik membuat Sulsel masih jadi salah satu daerah penyumbang komoditi terbesar di Indonesia. Ini hasil kerja keras dan komitmen kita terhadap pertanian," ungkap gubernur dua periode itu.

Ini Bukti Sulsel Masih Jadi Lumbung Padi NasionalGubernur Sulsel SYL dan Mentan Amran Sulaiman

Syahrul yakin, dengan program terarah, sektor pertanian di Sulsel akan semakin baik ke depannya. "Kalau pertanian kita baik, ekonomi akan bergerak, kehidupan masyarakat juga akan semakin sejahtera," terangnya.

Dalam rapat Kementan tersebut, diketahui bahwa alokasi pupuk untuk Sulsel di tahun 2017 sebanyak 457.450 ton. Jumlah itu untuk lima jenis pupuk, diantaranya Urea, NPK, ZA, SP 36, dan organik. Penebusan pupuk kini sudah bisa dilakukan oleh produsen ke petani.

"Mudah-mudahan, alokasi pupuk yang semakin besar akan membantu para petani dalam masa tanam nantinya," demikian SYL.

Ini Bukti Sulsel Masih Jadi Lumbung Padi Nasional