05 January 2017 08:48 WITA

Kenapa Uang Baru Belum Beredar di ATM? Ini Penjelasannya

Editor: Andi Chaerul Fadli
Kenapa Uang Baru Belum Beredar di ATM? Ini Penjelasannya
Uang desain baru tahun emisi 2016. Foto: Fadel

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Uang desain baru tahun emisi 2016 telah diedarkan sejak medio Desember 2016. Hanya saja, pecahan baru ini belum disiapkan di Anjungan Tunai Mandiri (ATM) seluruh perbankan.

Bank Indonesia Sulawesi Selatan meminta masyarakat untuk bersabar. Pasalnya ada beberapa hal yang perlu dibenahi sebelum uang desain baru ini beredar luas melalui jejaring mesin ATM. 

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sulawesi Selatan, Wiwiek Sisto Widayat mengatakan, ada dua alasan mengapa uang ini belum bisa beredar di ATM. "Pertama, sistem yang ada di ATM belum disesuaikan dengan kondisi uang baru ini," kata dia kepada Rakyatku.com, Rabu (4/1/2016).

Sehingga, kata dia, uang baru itu belum bisa terbaca oleh perangkat ATM. Karena banyaknya perbedaan antara uang TE 2016 dengan uang TE sebelumnya, maka dibutuhkan banyak penyesuaian antara uang dan mesin ATM.

"Kita harus lihat sejauh mana harus menyesuaikan sistem. Jadi belum bisa dipastikan uang akan beredar mulai triwulan I atau triwulan II (2017). Yang pastinya akan kita maksimalkan," ujar Wiwiek.

Alasan kedua, jumlah uang yang disalurkan yang masih cukup terbatas. BI belum bisa memasok uang dalam jumlah banyak bagi perbankan. Saat ini, sisa uang TE 2016 di BI hanya mencapai Rp100 miliar dan baru akan ditambah pada dua pekan mendatang sebanyak Rp2 triliun.

"Kita memang masih membatasi pasokan uang baru kepada bank. Kita serahkan dalam jumlah kecil dulu, sekadar untuk sosialisasi kepada masyarakat soal keberadaan uang baru ini. Karena uang TE sebelum-sebelumnya juga masih berlaku," jelasnya.