02 January 2017 07:55 WITA

Usai Tax Amnesty Tahap II, Uang Tebusan di Sulsel Capai Rp1 T

Editor: Andi Chaerul Fadli
Usai Tax Amnesty Tahap II, Uang Tebusan di Sulsel Capai Rp1 T

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Program pengampunan pajak atau Tax Amnesty tahap II sudah berakhir. Kesempatan melaporkan harta kekayaan dengan tebusan 3 persen itu ditutup 31 Desember 2016. 

Di Dewan Jenderal Pajak Kantor Wilayah Sulsel, jumlah dana tebusan periode kedua ini mencapai Rp140 miliar dari 8.610 wajib pajak (WP). 

Kepala Bidang Humas DJP Sultanbatara, Aris Bamba mengatakan, jumlah total dana tebusan yang dikumpulkan di Sulselbar mencapai lebih dari Rp1 triliun dari  18.330 orang WP sejak Juni hingga Desember 2016. Itu sudah termasuk jumlah pada periode I sebesar Rp865,3 miliar dari 9.720 orang WP. 

"Totalnya sejauh ini sudah tembus Rp1 triliun," jelasnya.

Jika dilihat dari sisi jumlah dana yang terkumpul, yaitu Rp140 miliar, nilai tersebut cukup rendah dibandingkan dengan perolehan pada tahap pertama yang mencapai Rp865,3 miliar. 

Namun, Aris menilai hal ini wajar, melihat segmentasi pelayanan Tax Amnesty tahap kedua ini memang difokuskan bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menegah (UMKM).

"Umumnya memang kecil-kecil tebusannya karena WP-nya UMKM. Tapi kalau dilihat dari jumlah WP yang melapor tetap tinggi," katanya.