Senin, 26 Desember 2016 11:29 WITA

Tahun Baru Tidak Hanya Terompet dan Kembang Api

Editor: Vkar Sammana
Tahun Baru Tidak Hanya Terompet dan Kembang Api
FOTO-FOTO: MUH TAUFIK/RAKYATKU.COM

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Tahun baru begitu identik dengan terompet dan kembang api. Nyaris setiap pergantian tahun, suara terompet dan letusan kembang api mewarnai kemeriahan acara tutup tahun.

Tapi, masyarakat Kota Makassar memiliki kecenderungan sendiri. Mereka memilih menghabiskan malam pergantian tahun di hotel bersama keluarga dan orang-orang terdekat. Perayaan tahun baru di hotel seakan menjadi budaya yang secara turun temurun dilakukan.

Hal ini pun mendatangkan keuntungan sendiri bagi pengusaha di bidang perhotelan. Pasalnya, seminggu jelang pergantian tahun, hotel-hotel di Kota Makassar nyaris sudah penuh. 

Imbasnya, masyarakat yang baru akan booking kamar hotel pun kesulitan. Kamar hotel kini sudah langka. Apalagi, pergantian tahun sudah tinggal menghitung hari saja.

Ketua PHRI Sulsel, Anggiat Sinaga mengatakan, budaya bermalam tahun baru masyarakat Kota Makassar di hotel-hotel sudah terjadi sejak beberapa tahun belakangan.

Tahun Baru Tidak Hanya Terompet dan Kembang ApiTidak heran, kata Anggiat, dalam kurun waktu lima tahun terakhir, hotel-hotel besar di Makassar mendapat okupansi 100 persen setiap malam tahun baru.

"Setiap malam pergantian tahun memang okupansi hotel rata-rata 100 persen. Apalagi hotel-hotel yang dekat dari Pantai Losari," kata Anggiat kepada Rakyatku.com, sesaat lalu.

Berdasarkan data yang dihimpun Rakyatku,com, sejumlah hotel yang saat ini sudah mencapai okupansi di atas 90 persen diantaranya, Grand Clarion. Di hotel ini, tingkat okupansi reservasi sudah mencapai 97 persen, sementara tingkat okupansi pembayaran sebesar 93 persen.

"Yang tersisa hanya 7 kamar, itu pun kamar-kamar suite. Kalau VVIP, Superior dan VIP sudah sold out," kata Manager Marketing Communication Grand Clarion Hotel, Richwan Wahyudi.

Hotel baru di kawasan jalan Metro Tanjung Bunga, The Rinra juga demikian. Dari 166 kamar yang dimiliki, 90 persen sudah ludes terpesan. Begitu pula Hotel Quality yang kini telah terjual 100 persen.

"Kita memang sangat dekat dengan Pantai Losari sebagai lokasi utama perayaan pergantian tahun di Kota Makassar. Untuk kamar sudah sold out 91 kamar. Semua sudah on booking," kata Marcom Hotel Quality, Iin.

Sementara itu, Dalton Hotel yang mengangkat  tema purbakala di malam tahun baru nanti juga telah terjual hingga 95 persen. 

"Kita tersisa 12 kamar dari 207 kamar yang ada. Okupansi sudah di atas 90 persen-lah," kata Marcom Dalton, Cimot.