02 December 2016 18:06 WITA

Prediksi BI: Ekonomi Sulsel Tumbuh 7,6 Persen di 2017

Editor: Sulaiman Abdul Karim
Prediksi BI: Ekonomi Sulsel Tumbuh 7,6 Persen di 2017
ilustrasi

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Bagaimana pertumbuhan ekonomi Sulsel di 2017? Bank Indonesia (BI) Sulsel merilis prediksinya. Menurut mereka, perekonomian Sulsel pada triwulan I 2017 bakal tumbuh pada kisaran 7,1 persen hingga 7,5 persen (yoy).

Sementara secara keseluruhan di 2017 akan tumbuh pada kisaran 7,2 persen hingga 7,6 persen (yoy). Dengan optimisme tersebut, berarti Sulsel berpotensi mengalami pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi dari pencapaian 2016. Yakni tumbuh 7,0 persen-7,4 persen (yoy).

Direktur Executive BI Kantor Wilayah Sulsel, Wiwiek Sisto Widayat mengatakan, dari sisi permintaan, perekonomian Sulsel diperkirakan masih akan ditopang oleh konsumsi rumah tangga dan perbaikan aktivitas ekspor luar negeri.  

"Sementara dari sisi lapangan usaha, diperkirakan masih ditopang dari lapangan usaha Pertanian, Pertambangan, Industri Pengolahan, Penyediaan Akomodasi, Jasa Keuangan dan Real Estate," katanya.

Kendati demikian, meskipun perkiraan tahun 2017 tumbuh meningkat, terdapat faktor resiko yang perlu diwaspadai. Antara lain hasil produksi pertanian dengan berakhirnya masa la nina, kelanjutan pembangunan infrastruktur dan kemungkinan pemotongan belanja pemerintah.

Sementara itu, resiko dari sisi global berupa perkembangan sosial politik dunia yang cenderung meningkat ketidakpastiannya. Serta perkembangan harga komoditas di pasar dunia.

Mengenai tekanan harga (inflasi) di triwulan I 2017 dan 2017 diperkirakan dalam kisaran inflasi nasional antara 3-5 persen sama seperti pada tahun 2016. 

Beberapa faktor pendukung antara lain ketersediaan atau distribusi pangan berjalan optimal, berlanjutnya tren penurunan harga minyak dunia, diikuti dengan tiadanya kebijakan dari pemerintah yang dapat meningkatkan tekanan inflasi secara simultan, serta  telah berjalannya fungsi TPID di seluruh Kabupaten dan kota secara optimal.