26 November 2016 13:20 WITA

Hebat! Helm Predator dari Pinrang Ini, Laku di Luar Negeri

Editor: Almaliki
Hebat! Helm Predator dari Pinrang Ini, Laku di Luar Negeri

RAKYATKU.COM, PINRANG - Siapa sangka helm para biker bermotif predator yang diproduksi di dalam rumah tepatnya di sebuah lorong kecil di Kabupaten Pinrang mampu menembus pasaran mancanegara di antaranya Singapura dan Malaysia.

Rakyatku.com lantas menemui Usman, pemilik usaha tersebut biar tidak makin penasaran. "Saya memang terinspirasi dari Alien vs Predator, yang ada di film Arnold Swachtzeneger itu," kata dia, di kediamannya di Jl. Udang Lorong 5 Kelurahan Penrang Kecamatan Wattang Sawitto, Sabtu (26/11/2016).

Awalnya, Usman bekerja di sebuah perusahaan fiber yang memproduksi kapal speed untuk angkatan laut Singapura di Pulau Batam 2008 lalu. Merasa jenuh, ia pun merintis usahanya yang digeluti sekarang. Ia membeberi, kalau usahanya diawali dengan modal Rp500 ribu, medio 2013.

"Saat akan touring bersama komunitasku, saya coba pakai helm buatanku. Ternyata ada yang suka, sehingga diproduksi lagi helm yang sama."

Angggota Komunitas Celebes Scorpio Club (CSC) ini menambahkan, proses pembuatan helm predator itu berkisar sepekan, mulai dari cetakan hingga proses akhir. 

Soal pemesannya, ia menjelaskan, kalau kebanyakan orang yang berasal dari luar pulau Sulawesi yang menyukainya. Mengapa? Karena, ia memasarkan produknya lewat daring atau online. "Jadi ada panjar dulu kan. Setengah dari harga. Selain itu, para konsumen bisa mengirim foto lengkap dengan warna warni yang diinginkannya. Jadi custom, kalau bahasa produknya," beber Usman

Soal harga memang tidak bisa bohong. Per helmnya, dihargai Rp1 juta. "Uang panjar itu kami jadikan modal, karena kami masih terkendala dari modal. Saya terbuka saja. Ongkos modalnya itu sekisar Rp800 ribu. Jadi Rp200 ribu keuntungannya dibagi dengan pekerja," paparnya. Sekadar tahu saja. Dalam sebulan, ia dan kedua pekerjanya mampu memproduksi 7 hingga 10 helm.