26 November 2016 03:30 WITA

Soal Pangan, Ini Imbauan Menko Perekonomian untuk Kepala Daerah

Editor: Andi Chaerul Fadli
Soal Pangan, Ini Imbauan Menko Perekonomian untuk Kepala Daerah

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution mengajak para pimpinan pemerintah daerah untuk serius memperhatikan persoalan pangan di daerah masing-masing. 

Menurutnya, pangan memegang peranan penting dalam stabilitas nasional. Beberapa hal terkait pangan yang perlu diperhatikan kata Darmin yaitu, irigasi, pupuk, dan pasar.

“Saya ingin meminta perhatian para Gubernur bahwa pangan itu penting. Sumber keresahan pertama yang paling dasar adalah pangan. Pangan juga pondasi stabilitas. Maka banyak hal tentang pangan yang harus kita benahi,” kata Darmin dalam rapat koordinasi bersama gubernur seluruh Indonesia, seperti dikutip melalui laman Kementerian Keuangan RI, Sabtu (25/11/2016).

Ia berharap, pemda dapat mulai memetakan kondisi pangan daerah masing-masing. Contohnya pangan andalan di masing-masing daerah. 

“Tidak berarti daerah Anda harus surplus beras karena tidak semua daerah cocok untuk surplus hasil pangan. Boleh saja daerah lain yang surplus, tapi Anda bisa menghasilkan sesuatu, sehingga rakyat Anda bisa membeli beras dari daerah lain,” jelasnya. 

Berita Terkait