25 November 2016 09:40 WITA

Toyota Andalkan Calya dan Avanza Rebut Pasar Akhir Tahun

Editor: Vkar Sammana
Toyota Andalkan Calya dan Avanza Rebut Pasar Akhir Tahun

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Pertumbuhan ekonomi Sulawesi Selatan (Sulsel) di Akhir tahun 2016 diprediksi membaik. Olehnya, peluang penjualan kendaraan roda empat pun diprediksi akan meningkat. Hal tersebut dibenarkan oleh General Manager Kalla Toyota, Tarsimin.

Menghadapi persaingan penjualan mobil di akhir tahun,  Toyota mengandalkan dua produknya dari segmen MPV entry dan MPV low, yaitu Calya dan Avanza.

Seperti dirilis sebelumnya, penjualan Toyota pada Oktober 2016 didominasi Calya sebesar 23 persen. "Oktober adalah bulan ke-2, Calya memberikan kontribusi terbesar untuk penjualan KallaToyota. September lalu Calya juga berkontribusi di angka 28,5 persen dari total penjualan," ujar Tarsimin

Tak hanya paling besar di penjualan KallaToyota, pencapaian itu membuat All New Calya mempimpin pasar di segmen MPV Entry sebesar 67,9 persen. Avanza yang selama ini dominan menempati posisi kedua dengan sumbangan sebesar 19 persen.

"Saya fikir trend permintaan mobil  diakhir tahun tidak terlalu berubah dari bulan-bulan sebelumnya. Kelasnya MPV entry dan MPV low masih akan mendominasi. Kalai di Toyota di kelas MPV entry kita ada Calya dan di MPV low ada Avanza," kata Tarsimin.

Tarsimin melanjutkan, kendati tidak memasang target penjualan  unit di akhir tahun, pihaknya optimis, Toyota dapat menjaga market share di angka 40 persen.

Salah satu upaya yang dilakukan dalam menjaga pangsa pasar tersebut adalah memberikan promo sesuai dengan kebutuhan masyarakat. 

"Ya, misalnya pelanggan membutuhkan DP ringan maka kami akan sediakan. Misal, akhir tahun ini pelanggan bisa mendapatkan Avanza dengan DP mulai Rp15-an juta," katanya.