Jumat, 15 April 2016 20:55 WITA

Hadir di Sulsel, Genpro Siap Majukan Perekonomian Daerah

Editor: Wiwi Amaluddin

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Dalam mengembangkan sebuah bisnis, pelaku usaha tak sekadar dituntut untuk menjalankan dan menjual produk dari hasil usaha semata, tapi juga harus berkontribusi bagi daerah melalui penggunaan produk dalam negeri sebagai bahan dasar dalam usaha yang digeluti.

Untuk mewujudkannya, sejumlah pengusaha yang peduli hal itu, membentuk wadah yang dinamakan Global Enterpreneur Profesional (GENPRO) yang diresmikan di Jakarta pada Juni 2015 lalu. Ada 30 Provinsi di Indonesia yang menyatakan siap untuk bergabung dan membentuk distrik di masing-masing wilayah dan Sulsel menjadi salah satu bagian di dalamnya.

Peresmian distrik Genpro Sulsel akan berlangsung 3 April 2016 mendatang, di War Room Kediaman Pribadi Wali Kota Makassar, Danny Pomanto yang merupakan pembina dari asosiasi pengusaha itu.

Hal tersebut diungkapkan President Distrik Genpro Sulsel, Rusdi Hidayat Jufri kepada Rakyatku.com di sela-sela kegiatan Press Confrence di Gastros Kafe Mal ratu Indah, Makassar, Kamis (31/3/2016).

Udi, sapaan Rusdi Hidayat Jufri mengatakan, Ada 425 pengusaha di Sulawesi Selatan yang menyatakan ingin bergabung dengan Genpro Sulsel. Hanya saja, pada peresmian nantinya hanya ada 300 undangan yang disebar pada masing-masing daerah di Sulsel.

"Karena tempat hanya berkapasitas sekira 300 orang, jadi undangan kami batasi. Hanya saja, setiap kabupaten kota di Sulsel, kami pastikan memiliki perwakilan untuk menghadiri kegiatan ini," katanya.

Selain peresmian asosiasi, Genpro Sulsel juga akan melantik pengurus dari 12 kabupaten/kota yang telah siap untuk menjalankan masing-masing program.

Loading...

Salah satu program kerja yang menjadi target utama yakni, lima tahun yang akan datang sebanyak 200 anggota yang bermodal Rp100 juta bisa mengantongkan aset sebesar Rp 2 miliar.

"Ini dipantau untuk tiga tahun pertama. Pada tahapan itu, mereka akan didorong untuk mengembangkan usahanya mulai dari teknik kemudahan mendapatkan kredit hingga proses pemasaran. Setelah itu, barulah difokuskan pada peningkatan aset Rp2 miliar pada jangka waktu lima tahun,"ungkap Udi

Pemilik PT Lingkar Teknik Energi itu mengaku optimis dalam tereleasasinya program kerja tersebut dikarenakan pertumbuhan ekonomi daerah yang sangat bagus, juga adanya sinergitas dengan HIPMI dan seluruh pengusaha di Indonesia.

"Itu mempermudah kami berkembang. Pokoknya, kami optimis 200 pengusaha dari Distrik Sulsel bisa berkembang lima tahun kedepan dengan membukukan aset Rp2 miliar per orang," ucap udi.

Olehnya itu, pada kegiatan peresmian Genpro nantinya, ia akan meminta agar seluruh anggota bisa bekerja sama menggerakkan pertumbuhan ekonomi daerah khususnya dalam menghadapi masyarakat ekonomi asean (MEA).

"Kami ingin tak ada lagi pengusaha yang menggunakan bahan impor untuk produk mereka. Atau, paling tidak bisa mengurangi pemakaian produk luar,"tukasnya

Tags
Loading...
Loading...