Jumat, 07 Oktober 2016 11:20 WITA

Ini 8 Prinsip yang Wajib Diwujudkan BPJS Kesehatan 

Penulis: Nurhikmah
Editor: Vkar Sammana
Ini 8 Prinsip yang Wajib Diwujudkan BPJS Kesehatan 

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Sejak 2014 BPJS Kesehatan hadir dalam rangka mewujudkan kesejahteraan seluruh masyarakat Indonesia.  BPJS Kesehatan menjalankan perannya sebagai pelaksana program jaminan sosial di bidang kesehatan melalui Program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Namun, tidak banyak masyarakat yang tahu JKN-KIS mengadaptasi konsep gotong royong yang selama ini telah hadir dalam sendi-sendi kehidupan masyarakat Indonesia.

Konsep gotong royong ini diterapkan dalam proses pembayaran iuran dari peserta yang sehat membantu peserta yang sakit, yang mampu membantu yang tidak mampu, yang muda membantu yang tua.

"Selain kegotong royongan ada 8 prinsip lain yang kami terapkan yaitu, nirlaba,  keterbukaan, kehati-hatian, akuntabilitas, kepesertaan wajib, dana amanat. Semua inilah yang harus diwujudkan BPJS Kesehatan," kata Direktur Hukum, Komunikasi dan Hubungan Antar Lembaga, Bayu Wahyudi dalam Media Gathering yang digelar di Hotel Green house Boutiqe Yogjakarta, Jumat (7/10/2016).

loading...

Bayu melanjutkan,  kunjungan rawat jalan di fasilitas kesehatan pertama yang menunjukkan peningkat yang signifikan.  Berdasarkan catatan  BPJS Kesehatan sebanyak 100,617 juta pengguna BPJS melakukan perawatan ke faskes I di desember 2016 sedangkan mei 2015 baru mencapai 24, 151  juta orang.

"Artinya frasa yang miskin dilarang sakit, kini sudah tidak berlaku. Akibat semangat gotong royong  tersebut,"  kata Bayu. 

Loading...
Loading...