Minggu, 21 Juni 2020 17:09 WITA

Satgas Covid-19 Kalla Group Kembali Rapid Test Karyawan

Editor: Nur Hidayat Said
Satgas Covid-19 Kalla Group Kembali Rapid Test Karyawan
Rapid test bertempat di Warung Kuliner, Wisma Kalla Makassar lantai 4, Sabtu dan Minggu 20-21 Juni 2020. Kegiatan ini diikuti 577 karyawan Kalla Group.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Setelah sejumlah karyawan mengikuti rapid test yang digelar sebelum kebijakan Work From Office (WFO) berlaku efektif, Kalla Group melalui Satgas Covid-19 kembali menggelar tindakan serupa.

Rapid test bertempat di Warung Kuliner, Wisma Kalla Makassar lantai 4, Sabtu dan Minggu 20-21 Juni 2020. Kegiatan ini diikuti 577 karyawan Kalla Group.

Sehari sebelumnya, Subhan Djaya Mappaturung selaku Ketua Satgas Covid-19 Kalla Group melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Makassar di hadapan Media dan Jusuf Kalla, selaku ketua PMI.

MoU itu sebagai upaya membantu pencegahan dan pengendalian Covid-19 di lingkungan Kalla Group. Sedangkan, kegiatan rapid test ini merupakan Inisiatif Satgas Covid-19 Kalla Group bekerja sama dengan Rumah Sakit Islam Faisal Makassar. 

"Melalui rapid test ini kita bisa mendapatkan data awal sekaligus menjadi acuan untuk tidakan pencegahan penyebaran Covid-19 di lingkungan kerja Kalla Group bersama dengan protocol kesehatan yang sudah kami terapkan," kata Amelia Amin, ketua panitia kegiatan. 

"Tentunya kami sudah memiliki protocol jika hasil rapid test terdapat karyawan yang reaktif. Sehingga diharapkan tidak menganggu kebijakan shifting WFO dan WFH ke depan," tambahnya.

loading...

Rapid test ini juga didukung human capital di seluruh unit bisnis Kalla Group yang melakukan pendataan berdasarkan beberapa kategori. Di antaranya karyawan yang memiliki jadwal bekerja di kantor (WFO) setiap hari, hasil self-assessment dan karyawan yang memiliki intensitas interaksi dengan pihak luar. 

Human capital masing-masing juga telah mengirimkan pemberitahuan kepada karyawan yang terdaftar untuk berisitirahat cukup, makan makanan bergizi, dan mematuhi protocol kesehatan Covid-19 di mana pun berada sebelum mengikuti rapid test. 
Karyawan yang terdaftar juga diwajibkan melakukan registrasi dengan membawa KTP dan ID card karyawan Kalla Group di tempat pelaksanaan rapid test. 

Untuk memastikan kegiatan sesuai protocol Covid-19, karyawan yang terdaftar juga menerima pemberitahuan jadwal masing-masing untuk menghindari penumpukan dan wajib mematuhi aturan physical distancing selama kegiatan berlangsung. 

Di mana karyawan wajib mengenakan masker, antre minimal jarak satu meter, dan disediakan sarung tangan masing-masing. Para panitia juga dilengkapi dengan masker, sarung tangan, dan face shield begitupun tim medis yang bertugas dengan APD lengkap. 

“Tentunya kami berharap rapid test ini menjadi upaya perusahaan dan deteksi awal dalam penyebaran Covid-19 di Kalla Group, sehingga kami dapat melakukan antisipasi yang diperlukan. Seluruh hasil dari rapid test akan dikirimkan ke human capital masing-masing unit bisnis untuk ditindaklanjuti dan akan diteruskan ke setiap karyawan," tutur Amelia.

Loading...
Loading...