Senin, 15 Juni 2020 16:31 WITA

Awasi Protokol Kesehatan 19 di Lingkungan Kerja, Kalla Group Bentuk Satgas Covid-19

Editor: Nur Hidayat Said
Awasi Protokol Kesehatan 19 di Lingkungan Kerja, Kalla Group Bentuk Satgas Covid-19
Kalla Group telah menjalankan sistem kerja shifting Work From Home (WFH) dan Work From Office (WFO) kepada seluruh karyawan head office.

RAKYATKU.COM - Kalla Group telah menjalankan sistem kerja shifting Work From Home (WFH) dan Work From Office (WFO) kepada seluruh karyawan head office. Itu untuk menyikapi gelombang new normal yang telah digaungkan pemerintah pusat.

Memastikan suasana bekerja di kantor tetap aman dan nyaman, Kalla Group memperbarui protokol kesehatan Covid-19 dengan mengikuti pedoman dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Direksi dan manajemen Kalla Group membentuk Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 yang terdiri atas perwakilan karyawan Kalla Group dan unit bisnisnya. Tidak hanya itu, kehadiran Satgas Covid-19 Kalla Group ini dipandang perlu untuk menyiapkan personel dan peralatan dalam rangka penanganan dan antisipasi wabah Covid-19 jika terjadi di lingkungan kerja. 

Subhan Djaya Mappaturung, Ketua Satgas COVID-19, menuturkan ke depan ada beberapa tanggung jawab yang diamanahkan kepada mereka. 

"Tanggung jawab tersebut antara lain, menyusun protokol pencegahan dan penanganan, memastikan kesediaan fasilitas perlindungan bagi karyawan, koordinasi dengan bagian terkait jika terdapat resiko penyebaran wabah di tempat kerja, dan tidak lupa pengawasan ketaataan karyawan pada protokol yang telah disosialisasikan," kata Subhan, dalam siara pers Kalla Toyota, Senin (15/6/2020).

Satgas Covid-19 memiliki tanggung jawab juga untuk melakukan pengawasan operasional penanganan Covid-19, mengerahkan sumber daya untuk menangani percepatan pelaksanaan kegiatan pencegahan dan pengendalian serta secara berkala melaporkan pelaksanaan kegiatan kepada direksi Kalla Group. 

Untuk memastikan kegiatan Satgas Covid-19 Kalla Group, telah dibentuk struktur organisasi. Struktur tersebut meliputi bidang operasional kegiatan yang terdiri atas fungsi kebijakan dan komunikasi, bidang pencegahan dan pengendalian, bidang penyiapan dan pengendalian alat Kesehatan, bidang administrasi dan keuangan, dan koordinator masing-masing unit bisnis dibawah Kalla Group dan Wisma Kalla. 

loading...

Subhan berharap, terbentuknya Satgas dapat membantu para karyawan dalam mencegah diri dan orang lain dari penyebaran Covid-19. "Kita juga ingin mengurangi timbulnya banyak hoaks yang dapat berdampak negatif dalam proses pencegahan sampai penanganan wabah ini khusus di lingkungan kerja. Oleh karena itu, kami akan menyediakan kampanye kreatif dan edukasi kepada karyawan sehingga dampak dari wabah ini dapat kita hadapi bersama dengan optimisme," bebernya.

Gelar Webinar Perdana
Satgas Covid-19 berinisiatif menggelar webinar sharing session dengan mengundang para speakers yang berkompeten. Webinar Satgas Covid-19 Kalla Group berhasil dilaksanakan perdana Sabtu (13/6/2020).

Ini untuk memberikan edukasi kepada seluruh direksi, manajemen, dan karyawan Kalla Group terkait penanganan COVID-19 yang benar di lingkungan kerja. 

Webinar bertajuk “Building Employee Awareness for Covid-19 in Workplace” ini dibawakan oleh Subhan Djaya Mappaturung didampingi Syamsu Rizal selaku Ketua PMI Kota Makassar dan Wachyudi Muchsin selaku Humas IDI Kota Makassar. Webinar berlangsung live via Zoom dan YouTube Kalla Group. 

Syamsu Rizal menyampaikan apresiasi terhadap keseriusan Kalla Group dalam menangani Covid-19 ini. "Penghargaan dan terima kasih yang luar biasa kepada Kalla Group yang selalu terdepan dalam merespons dan adaptif terhadap kondisi aktual kita saat ini (penyebaran wabah Covid-19) dan mudah-mudahan bisa diikuti oleh perusahaan dan lembaga lainnya,” ujar Deng Ical, sapaan akrabnya. 

Sementara Wachyudi Muchsin menekankan pentingnya implementasi protokol yang telah ditetapkan oleh Kalla Group untuk semua karyawan. "Penting untuk Kalla Group membuat SOP antisipasi Covid-19 yang berbeda antara pekerja di dalam ruangan dan di luar ruangan. Sehingga seluruh karyawan terlindungi selama bekerja," kata Dokter Koboi, sapaan karibnya.

Loading...
Loading...