Kamis, 20 Februari 2020 19:18 WITA

Cara Memanfaatkan Kartu Kredit

Editor: Adil Patawai Anar
Cara Memanfaatkan Kartu Kredit

RAKYATKU.COM - Kartu kredit merupakan kartu pembayaran elektronik yang menggunakan sistem kredit, sehingga bisa digunakan tanpa memiliki tabungan terlebih dahulu. 

Jenis kartu kredit ada banyak, namun yang paling terkenal dan penggunanya telah tersebar di seluruh dunia, yaitu Visa dan Mastercard. 

Kartu kredit sendiri juga masih terbagi-bagi berdasarkan afiliasi, wilayah penggunaan, serta limit penggunaannya. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui cara memanfaatkan kartu kredit.

Untuk mendapatkan kartu kredit, terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Salah satunya adalah memiliki penghasilan tetap dengan nominal sesuai yang ditentukan bank terkait. 

Selain itu, riwayat keuangan juga menentukan apakah pengajuan Anda dapat disetujui atau tidak. Di Financer.com, Anda dapat mengajukan kartu kredit terbaik dari bank dan lembaga keuangan ternama di Indonesia. Gratis juga loh!.

Menggunakan kartu kredit tentunya memberikan banyak keuntungan. Hal ini akan semakin maksimal jika Anda memanfaatkan kartu kredit untuk beberapa hal seperti berikut ini.

1. Dapatkan Promo Pesawat dan Hotel 

Mau menggunakan kartu kredit untuk pembayaran tiket pesawat? Tentu saja bisa. Bahkan beberapa maskapai sering memberikan promo tiket pesawat jika Anda membayar menggunakan kartu kredit jenis tertentu loh. Terdapat banyak sekali promo dan diskon menggunakan kartu kredit, biasanya untuk pembelian tiket pesawat atau pembayaran hotel. Bagi Anda yang hobi traveling, sebaiknya manfaatkan hal ini dengan baik. Berbagai promo selalu berubah setiap waktu, sehingga penting untuk terus melakukan pengecekan untuk mendapatkan promo terbaik. 

2. Pembayaran Asuransi Lebih Mudah 

Kartu kredit juga bisa Anda manfaatkan untuk membayar berbagai tagihan bulanan, seperti asuransi. Pembayaran asuransi jadi lebih mudah menggunakan kartu kredit lebih mudah dan efisien. Selain itu, nasabah yang memiliki kartu kredit akan sering mendapatkan bonus atau promo ketika melakukan pembayaran asuransi. Anda juga bisa melakukan sistem auto debet, sehingga setiap bulannya tagihan asuransi Anda akan terbayar secara otomatis menggunakan kartu kredit. 

3. Dapatkan Diskon Di Berbagai Merchant 

Bagi pengguna kartu kredit, sayang rasanya jika tidak memanfaatkan diskon yang diberikan oleh berbagai merchant. Terdapat banyak diskon yang ditawarkan jika Anda melakukan pembayaran menggunakan kartu kredit saat berbelanja. Hal ini termasuk keuntungan yang bisa didapat jika menggunakan kartu kredit. Diskon yang ditawarkan oleh kartu kredit umumnya lebih banyak dan lebih variatif dibandingkan diskon khusus untuk pengguna kartu debit. 

Diskon ini tidak hanya berlaku di merchant yang menjual barang saja. Restoran juga sering memberikan diskon khusus untuk pembayaran kartu kredit dengan minimal transaksi. Hal ini juga bisa Anda jadikan patokan ketika akan memilih kartu kredit. Pastikan Anda mengecek terlebih dahulu, kartu kredit mana yang sekiranya memberi lebih banyak diskon, sehingga sangat menguntungkan Anda ke depannya. Jika Anda ingin mendapatkan diskon, promo, atau voucher  gratis dapat mengeceknya di kuponq.com juga loh.

4. Manfaatkan Tarik Tunai Untuk Modal Investasi 

Penggunaan kartu kredit bukan hanya untuk alat pembayaran saja ketika melakukan transaksi pembelian. Kartu kredit juga bisa berfungsi seperti kartu debit, sehingga Anda bisa melakukan tarik tunai di mesin ATM. Sayangnya, banyak orang menghindari tarik tunai menggunakan kartu kredit karena biasanya akan dikenakan potongan biaya. Padahal Anda bisa memanfaatkan uang hasil tarik tunai lewat kartu kredit untuk modal investasi loh. Tentunya keuntungan yang didapatkan jauh lebih banyak dibandingkan dengan potongan biaya ketika melakukan tarik tunai. 

loading...

Jenis investasi yang bisa dipilih pun sangat banyak. Namun, jika Anda menggunakan uang dari hasil tarik tunai kartu kredit, disarankan untuk melakukan investasi yang aktif, seperti saham atau peer to peer lending. Hindari memanfaatkan uang tersebut untuk deposito atau investasi properti karena keuntungan yang didapatkan akan lebih lambat dan sedikit jika dibandingkan investasi jangka pendek, seperti saham atau P2P Lending. 

5. Membeli Barang Impian Dengan Cepat

Beberapa barang impian tidak bisa menunggu untuk dimiliki karena beberapa faktor. Misalnya saja, Anda sangat menunggu peluncuran tas Louis Vuitton edisi summer. Ketika tas tersebut keluar, tabungan Anda ternyata belum cukup untuk membelinya. Sayangnya, tas tersebut jumlahnya terbatas, sehingga Anda tidak mungkin menunggu sampai tabungan Anda penuh, bukan? 

Untuk mengatasi hal semacam ini, kartu kredit bisa menjadi solusi yang tepat. Dengan menggunakan kartu kredit, Anda bisa membeli barang impian tanpa perlu repot menabung dalam jangka waktu lama terlebih dahulu. 

6. Transaksi Luar Negeri Lebih Efisien dan Efektif

Bagi Anda yang suka traveling, pastikan Anda memiliki setidaknya satu kartu kredit. Mengapa demikian? Kartu kredit akan membuat transaksi luar negeri lebih efisien dan efektif loh. Ketika Anda traveling di luar negeri, tentunya pembayaran menggunakan uang tunai merupakan sesuatu yang merepotkan. 

Pasalnya, Anda harus mencari tempat penukaran uang yang bisa menerima mata uang Indonesia, yaitu Rupiah dan banyak negara yang tidak menerima Rupiah. Sedangkan, jika Anda menggunakan kartu kredit sebagai alat pembayaran, tentu saja Anda tidak perlu lagi repot menukarkan uang terlebih dahulu ketika ingin membeli sesuatu di negara orang. Dengan begitu, berbagai transaksi pembayaran di luar negeri menjadi lebih efisien dan efektif. 

Kartu kredit yang bisa Anda gunakan, yaitu Visa atau Mastercard. Keduanya bisa dipakai di mana saja, namun Visa lebih populer di kawasan America dan Asia, sedangkan Mastercard lebih populer di Eropa. Untuk mempermudah urusan, sebaiknya Anda memiliki kedua jenis kartu kredit tersebut. Selain dari segi kemudahan, penggunaan kartu kredit untuk transaksi luar negeri juga lebih aman. 

Bayangkan jika Anda harus membawa uang tunai dalam jumlah banyak ketika sedang traveling, tentunya lebih rawan hilang atau dicuri. Sedangkan jika Anda membawa dua atau tiga kartu kredit kemudian hilang atau dicuri, Anda tinggal menelpon bank Anda untuk memblokirnya, sehingga kerugian dapat diantisipasi. 

Belum Bisa Bayar Cicilan Kartu Kredit? Coba Atasi Dengan Pinjaman Online 

Salah satu hal yang harus diingat jika memiliki kartu kredit, yaitu membayar cicilan secara teratur setiap bulannya. Namun, terkadang bisa saja Anda sedang punya banyak kebutuhan, sehingga tidak lagi memiliki dana untuk membayar cicilan kartu kredit. Hal ini bisa diatasi dengan mengajukan pinjaman online. 

Prosesnya sangat mudah dan cepat. Syarat yang diperlukan untuk mengajukan pinjaman pun tergolong sederhana, yaitu hanya kartu identitas berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP) saja. Kini, terdapat banyak jenis pinjaman online yang bisa Anda pilih. Pastikan Anda memilih pinjaman online yang telah terdaftar dalam Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga aman dan terjamin legalitasnya. Anda juga bisa mengajukan pinjaman online terbaik secara gratis.

Kesimpulan Cara Memanfaatkan Kartu Kredit

Memiliki kartu kredit, seperti memegang sebuah pisau yang memiliki dua sisi, bisa melukai tetapi juga bisa bermanfaat. Penggunaannya harus bijak agar tidak merugikan Anda. Selain itu, yang perlu diketahui adalah Anda bisa mengajukan lebih dari satu kartu kredit dalam waktu bersamaan. Tidak ada peraturan yang membatasi jumlah kepemilikan kartu kredit seseorang, sehingga Anda bisa memiliki lebih dari satu. Namun, meski Anda bisa memiliki banyak kartu kredit sekaligus, pastikan Anda benar-benar memanfaatkannya sehingga tidak akan membebani di kemudian hari.

Tags
Loading...
Loading...