Rabu, 13 November 2019 02:30 WITA

Menakar Manfaat, Kelebihan, dan Kekurangan dari Online Shopping

Editor: Nur Hidayat Said
Menakar Manfaat, Kelebihan, dan Kekurangan dari Online Shopping
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Perkembangan teknologi yang semakin pesat memberikan pengaruh yang besar terhadap berbagai aspek kehidupan, salah satunya gaya belanja. Karena hal itu, gaya belanja masyarakat di Indonesia saat ini pun tampaknya sudah mulai berganti. 

Dari bertransaksi serta berbelanja secara konvensional saat ini masyarakat sudah menyukai online shopping. Fenonema online shopping ini bisa dibilang salah satunya dipengaruhi oleh faktor semakin pesatnya orang yang dapat mengakses internet di Indonesia. 

Jumlah orang yang dapat mengakses internet di Indonesia saat ini menjadi semakin besar dengan kehadiran smartphone. Dengan menggunakan smartphone, setiap orang pun menjadi semakin dimudahkan untuk mengakses internet kapan pun dan di mana saja. 

Dengan kemudahannya tersebut, hampir setiap orang di Indonesia pun telah memiliki smartphone sehingga turut meningkatkan pengguna internet di Indonesia.  

Pesatnya penetrasi pengguna internet di Indonesia ini tentunya juga meningkatkan berbagai aktivitas di dunia maya, termasuk online shopping. Mulai dari kalangan remaja hingga tua sudah punya smartphone dan sangat mengerti tentang online shopping. 

Untuk sebagian besar orang, online shopping merupakan suatu kebutuhan yang harus dipenuhi untuk kehidupannya sebagai konsumen pada masa sekarang. 

Sebagai informasi, dalam online shopping tidak adanya pertemuan penjual (bertatap muka secara langsung) dan pembeli, tidak memerlukan lapak untuk berjualan, namun hanya dengan adanya smartphone dan koneksi internet sudah bisa melakukan transaksi dengan nyaman. 

Online shopping di masa sekarang sudah bisa dilakukan melalui website atau situs belanja online, sosial media, serta aplikasi belanja online. Aktivitas online shopping tumbuh dan semakin berkembang menjadi kebiasaan di kalangan masyarakat yang modern. Kemunculan online shopping di masa sekarang selain merupakan inovasi baru dalam aktivitas belanja juga dapat memberikan perubahan gaya hidup masyarakat.

Budaya online shopping melalui internet diyakini telah menggeser budaya belanja lama seperti rutin berbelanja mendatangi secara fisik pasar-pasar tradisional atau super mall berkelas. Namun, sekarang ini keberadaan teknologi seperti internet menjadi akses penggerak yang akan terus menggerakan porosnya dan menghadirkan kerajaan bisnis online seperti yang terjadi sekarang ini.

Kehadiran online shopping dan internet juga mencerminkan sebuah perubahan zaman yang menuju ke arah modernisasi secara global. Kini semua transaksi bersifat maya, alias semua produk, penjual, transaksi pembayaran dilakukan secara virtual.  Keuntungannya, kita juga dapat berbelanja di rumah tanpa harus keluar bermacet-macetan, menghadapi udara yang panas dan tentunya menghindari antrian yang panjang.

Sistem online shopping dirancang agar dapat dilakukan serba elektronik, yakni ketika penjual akan mengirimkan nomor rekening toko online mereka agar konsumen mentransfer total belanja beserta ongkos kirimnya. 

Semua begitu mudah, tak heran meningkatnya online shopping di masyarakat Indonesia ini secara tidak langsung menunjukkan perkembangan konsumerisme juga. Bagi penyedia jasa, sistem online shopping cukup menyediakan berbagai fitur barang-barang yang layak untuk dijual.

Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa kamu dapat dari online shopping: 

1. Kegiatan Berbelanja Jadi Jauh Lebih Mudah dan Praktis
Manfaat utama yang dapat kamu peroleh dengan kehadiran online shopping adalah kegiatan berbelanja menjadi jauh lebih mudah dan praktis. Hal itu sangat tentu akan kamu rasakan sebagai pembeli. Dengan online shopping, kamu tidak perlu menghabiskan waktu dan biaya transportasi hanya untuk membeli barang yang diinginkan.

Kamu hanya tinggal menggerakkan jari di smartphone atau perangkat lainnya untuk melihat berbagai macam produk yang ditawarkan. Ketika sudah menemukan barang yang dicari, kamu dapat langsung membelinya dengan melakukan transfer sejumlah uang ke rekening milik penjual. Dalam waktu beberapa hari, maka barang akan langsung diantar ke depan pintu rumah kamu sebagai pembeli.

2. Dapat Membeli Barang yang Jauh dari Domisili Tempat Tinggal 
Manfaat selanjutnya yang bisa kamu dapatkan dengan online shopping yaitu bisa membeli barang yang jauh dari domisili tempat tinggalmu tanpa repot. Hal ini tentu memudahkan kamu ketika ingin membeli barang yang jauh dari kota tempatmu tinggal, atau bahkan dari luar negeri. 

Misalnya, lokasi tempat tinggalmu di Jakarta, namun ingin membeli barang dari Kalimantan. Dengan adanya online shopping, kamu tidak perlu lagi repot-repot ke Kalimantan hanya untuk membelinya. Hanya perlu mencarinya di internet lewat smartphone milikmu. Jika sudah ketemu, transfer untuk membelinya dan barang akan segera diantar ke rumah kamu. 

3. Dapat Memperbandingkan Barang yang Dibeli dengan Sejenisnya Secara Mudah
Manfaat berikutnya dari online shopping yaitu kamu dapat dengan membandingkan antara produk yang ingin dibeli dan sejenisnya secara mudah. Jika di toko offline, kamu harus repot kesana kemari, belum lagi biaya transportasi yang harus dikeluarkan. Nah dengan toko online, kamu dapat mengakses berbagai toko untuk membandingkan barang dan harganya hanya dari smartphone saja.

Tren ini semakin berkembang pada saat ini, masyarakat dapat mengetahui harga suatu produk dengan cepat saat online shopping. Tak perlu lagi kesana kemari, cukup dari smartphone saja, masyarakat sudah bisa mengetahui perbandingan produk saat online shopping.

4. Kegiatan Berbelanja Jadi Jauh Lebih Nyaman 
Manfaat terakhir dari online shopping yakni menawarkan pengalaman berbelanja yang jauh lebih nyaman ketimbang secara konvensional.  Misalnya, kamu tidak perlu berpakaian rapi ataupun bermacet-macetan di jalan ketika ingin berbelanja. Kamu bisa dengan mudah online shopping kapan saja. Bahkan, online shopping memberikan kamu kemudahan berbelanja selama 24 jam. 

Selain manfaat-manfaat yang telah disebutkan, ada juga beberapa kelebihan yang bisa kamu dapatkan saat online shopping ketimbang berbelanja secara konvensional: 

1. Memiliki Banyak Varian Barang yang Lebih Lengkap 
Faktanya, saat online shopping, kamu akan menemukan banyak varian barang yang lebih lengkap. Hal yang mungkin berbeda dari toko konvensional.  

Hal ini didasari fakta bahwa pelaku bisnis online shopping tersebut datang dari seluruh Indonesia, bahkan penjuru dunia, kamu bisa mencari barang dari mana saja, hingga mancanegara sekalipun. 

2. Privasi 
Kelebihan lainnya dari online shopping adalah menawarkan privasi yang lebih baik ketika membeli sesuatu barang. Berbeda dengan belanja di toko, dengan online shopping, kamu tak perlu malu membeli barang yang sebelumnya risih untuk dibeli karena bersifat pribadi. 

Ketika online shopping, privasi belanja kamu akan sangat terjaga. Mulai dari pemilihan barang, transaksi dan pengiriman. Tenang, saat pengiriman, barangpun dibungkus rapi dan rapat, sehingga kamu tak perlu malu saat orang di rumah menerima barang pesanan. 

3. Punya Kesempatan Mendapatkan Berbagai Promo
Dengan semakin menjamurnya toko online saat ini memberikan kamu banyak kesempatan untuk mendapatkan berbagai promo menarik. Bisa dibilang, beragam promo menarik yang ditawarkan ini membuat banyak orang semakin menggandrungi online shopping. Jenis promo yang ditawarkan juga sangatlah beragam, mulai dari potongan harga, poin reward yang dapat ditukarkan, sampai voucher belanja. 

Promo-promo unik yang ditawarkan ini tentu sangat jarang didapatkan ketika berbelanja di toko konvensional. Anda tentu sering melihat penawaran menarik dari toko online bukan Apalagi, ragam penawaran semacam ini pun bisa kamu bandingkan antara toko satu online dan toko lainnya.

4. Punya Banyak Pilihan Pembayaran 
Kemudahan lainnya yang ditawarkan sehingga banyak orang menyukai online shopping adalah sistem pembayaran yang tersedia sangat banyak pilihan. Ada berbagai pilihan sistem pembayaran yang dapat kamu pilih. Kamu dapat menggunakan sistem transfer bank, kartu kredit atau penukaran kupon hadiah pada event-event tertentu.

Apalagi saat ini sistem pembayaran elektronik semakin mengembangkan teknologinya. Hal ini tentunya membuat para konsumen menjadi lebih leluasa memilih metode pembayaran. Berbeda dengan belanja di toko konvensional, yang hampir sebagian besar menggunakan uang tunai.

5. Punya Stok Barang Lebih Banyak
Berbeda dengan toko/mall di dekat rumah kamu yang produksi barangnya terbatas. Karena itu, terkadang kamu harus rela hunting barang dari toko ke toko untuk mendapat barang yang dicari. Rugi waktu dan tenaga, tapi barang yang kamu cari belum tentu ada. 

Dengan online shopping, kamu tinggal memilih dan mencari barang di toko online di Indonesia/dunia, tanpa khawatir stok habis serta kehilangan waktu dan tenaga. 

6. Barang yang Dibeli Diantarkan Langsung Ke Rumah 
Yap, ini mungkin kelebihan dari online shopping yang paling kamu butuhkan sebagai pembeli. Ketika kamu merasa malas keluar atau barang yang ingin kamu beli ada di lokasi yang terlalu jauh. Online shopping akan mempermudah kamu untuk membeli barang tersebut. 

Saat kamu diliputi rasa malas, tapi harus segera memenuhi kebutuhan atau mewujudkan keinginan, maka online shopping adalah pilihannya. Saat menginginkan sebuah barang yang jauh dari kota atau tempat tinggalmu dan tidak mampu dijangkau dengan mudah, maka dapat membeli produk itu secara online. Sebagian besar masyarakat Indonesia beralasan tentang hal ini ketika mereka menjelaskan alasan mengapa dirinya melakukan online shopping.

Pasalnya, produk yang dibeli dari toko online akan diantar langsung ke alamat kamu. Dapat melalui jasa pengiriman barang atau diantar langsung oleh penjualnya. Sebagian besar masyarakat Indonesia mengatakan bahwa barang yang diantar ke rumah saat melakukan online shopping akan membuat segalanya jadi lebih efisien ketimbang yang membawa barang dengan jumlah banyak ketika belanja di toko konvensional.

Meski sangat bermanfaat karena memudahkan segalanya dalam berbelanja, online shopping juga masih punya kekurangan yang mesti kamu perhatikan:

1. Produk yang Tidak Sesuai dengan Gambar  
Biasanya, foto produk yang ditampilkan pada toko online begitu terlihat sangat bagus. Hal ini dikarenakan proses pengambilan gambar produk memang sengaja dirancang untuk sangat memerhatikan sudut dan pencahayaan yang bagus. Tidak jarang banyak orang yang komplain akibat barang yang sudah diterima tidak sesuai dengan deskripsi produk yang ditampilkan di websitenya. 

2. Keterlambatan Saat Pengiriman 
Masalah waktu seringkali juga masih menjadi kekurangan dalam aktivitas online shopping ini. Konsumen yang sudah menyelesaikan proses transaksi masih cukup yang banyak mengeluh akibat lamanya barang sampai di alamat tujuan. Hal ini mungkin terjadi karena jarak yang cukup jauh sehingga toko online memerlukan jasa ekspedisi dan membutuhkan waktu beberapa hari untuk mengirimkan barang tersebut.  

3. Masih Ada Risiko Penipuan 
Dengan semakin gemarnya masyarakat dalam melakukan aktivitas online shopping, risiko penipuan juga timbul semakin besar. Hal ini terjadi karena adanya beberapa pihak yang memanfaatkan kejadian tersebut untuk menipu pengguna, seperti penipuan kartu kredit, pencurian identitas (phishing) atau situs web yang palsu. Oleh karena itu, kamu perlu menyelidiki toko online tersebut sebelum melakukan pembelian barang. 

4. Masalah Pelayanan Pelanggan 
Kebanyakan platform toko online saat ini memanfaatkan fitur chat untuk menjawab semua pertanyaan atau keluhan yang diberikan oleh konsumen. Memang tidak ada yang salah dengan pelayanan tersebut, namun interaksi yang terjadi antara penjual dan pembeli menjadi semakin berkurang dan sulit memberikan pengalaman positif terhadap konsumen ketika melakukan aktivitas online shopping.

Loading...
Loading...

Berita Terkait