Jumat, 01 November 2019 09:27 WITA

Pucuk Coolinary Festival Ajak Foodies Jelajahi Beragam Kuliner Favorit Makassar 

Editor: Nur Hidayat Said
Pucuk Coolinary Festival Ajak Foodies Jelajahi Beragam Kuliner Favorit Makassar 

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Festival kuliner bukan hanya sekadar ajang memanjakan lidah para foodies, tetapi tren festival kuliner saat ini diakui berhasil meningkatkan kreativitas UMKM kuliner untuk dapat terus berinovasi dalam menyajikan makanan. Dengan begitu akan bisa lebih dikenal dekat oleh pencinta kuliner dan mampu menjadi ruang untuk mendorong perkembangan bisnis kuliner lokal.

Sebagai produk RTD Tea nomot 1 di kategori non-cup Jasmine berdasarkan riset AC Nielsen pada tahun 2019, Teh Pucuk Harum memahami bahwa geliat industri kuliner Indonesia saat ini kian berkembang dan membuat industri makanan di Indonesia makin kompetitif tidak hanya di kota besar seperti Jakarta, tetapi juga di kota-kota luar Jakarta.  

Untuk itu, Teh Pucuk Harum menggelar festival kuliner terbesar yaitu Pucuk Coolinary Festival ’Temukan Rasa Favoritmu’ di Kota Yogyakarta sebagai kota pembuka dari rangkaian Pucuk Coolinary Festival pada 2019 ini dan sukses dihadiri oleh lebih dari 94 ribu pengunjung pada 30-31 Maret 2019, diikuti Medan sebagai kota kedua yang dihelat pada 31 Agustus – 1 September 2019 dan berlanjut ke kota Palembang pada 7-8 September 2019 dengan sukses mendatangkan ratusan ribu pengunjung.

Kini Pucuk Coolinary Festival hadir di Kota Makassar sebagai kota terakhir di penyelenggaraan tahun 2019 ini dengan melibatkan lebih dari 100 tenant kuliner yang akan meramaikan 3 zona rasa Manis, Gurih, dan Pedas.  

Pemilihan kota yang dikenal dengan julukan Kota Daeng ini merupakan salah satu kota terbesar yang ada di Indonesia, khususnya di daerah Indonesia Timur.  Makassar sendiri sudah menjadi pilihan kota tujuan wisata yang populer dari luar Sulawesi, mulai dari wisata sejarah, budaya, dan juga ragam kuliner yang terkenal kelezatannya sehingga menggugah selera.  

Salah satu makanan khas yang paling identik dengan Makassar adalah Coto Makassar yang terkenal gurih dan kaya akan rempah-rempah. Pemerintah pun melalui Kementerian Pariwisata Republik Indonesia telah menetapkan Makassar sebagai kota kuliner pada 2016 lalu.

Meramaikan festival kuliner telah menjadi tren masyarakat saat ini.  Banyaknya gelaran festival kuliner ternyata berhasil mendorong tumbuhnya UMKM industri kuliner dalam beberapa tahun belakangan ini.  “Melalui Pucuk Coolinary Festival ‘Temukan Rasa Favoritmu’, Teh Pucuk Harum berkomitmen untuk mendukung perkembangan kuliner Indonesia khususnya kota-kota yang kami kunjungi, salah satunya Makassar yang sudah ditetapkan sebagai kota kuliner.  Bentuk dukungan nyata dari kami adalah dengan tidak memungut biaya sewa booth kepada para tenant kuliner yang terlibat.  Selain itu hasil pendapatan para tenant kuliner diberikan 100% untuk mereka,” ujar Yustina Amelia, selaku Brand Manager Teh Pucuk Harum, Kamis (31/10/2019).

Lebih lanjut Yustina menyampaikan bahwa, “Dengan menghadirkan lebih dari 100 tenant kuliner rasa gurih, manis dan pedas andalan kota Makassar, Pucuk Coolinary Festival ingin memberikan pengalaman berburu kuliner yang seru serta memanjakan lida para foodies untuk menemukan rasa favoritnya, baik itu rasa gurih yang bikin nagih, manis yang nikmat dan pedas yang luar biasa dalam satu tempat tanpa perlu menempuh jarak yang jauh dari satu lokasi ke lokasi lainnya”.

Gelaran Pucuk Coolinary Festival akan segera menyapa kota Makassar selama dua hari tepatnya pada 2-3 November 2019 bertempat di Lapangan Parkir Phinisi Point dengan menyuguhkan kuliner andalan dari para UMKM kuliner yang dibagi dalam 3 zona rasa favorit yaitu Zona Manis, Gurih dan Pedas dimana para foodies akan menemukan rasa favoritnya dengan ditemani oleh Teh Pucuk Harum yang manisnya pas, gak bikin haus lagi, dan gak nyangkut di leher sehingga membuat sensasi makan lebih nikmat.  Foodies yang ingin datang dan meramaikan festival kuliner akbar ini tidak perlu khawatir untuk mengantre tiket masuk karena Free Entry.

Berbagai kuliner favorit seperti Ayam Judes Makassar, Bakso Aci Juara, Mie Titi, Sop Saudara Irian, Kepiting sotta, Mantao Pare, Sop Lidah Lamuru, Dona Dony Baru, Mie Lada Pedas, Ati Raja, Makassar Baklave, Pallubasa Onta dan masih banyak lagi dipastikan akan meramaikan Pucuk Coolinary Festival di kota Makassar.  

Anita Amaliyah Hamdani selaku food influencer yang gemar membagikan informasi terkait kuliner di wilayah Makassar dan sekitarnya lewat akun @makan2mks_menyatakan bahwa perkembangan kuliner di Makassar terbilang sangat pesat, “Makassar terkenal dengan salah satu destinasi wisata kuliner, beragam rasa mulai dari gurih, asin hingga manis bisa dicicipi saat berada di kota ini.  Meningkatnya penjualan kuliner melalui online, munculnya rumah makan baru serta franchise kuliner dari luar yang berdatangan menjadikan pilihan kuliner di kota ini semakin banyak dan beragam,” ungkap Anita.

Anita pun mengungkapkan bahwa di Makassar sering dihelat festival kuliner dengan jumlah tenant yang terlibat tidak terlalu banyak, “Saya sangat mengapresiasi Teh Pucuk Harum yang telah menggelar sebuah festival kuliner dengan menghadirkan lebih dari 100 tenant dan terbagi dalam 3 zona rasa gurih, manis dan pedas.  Belum lagi tenant-tenant kuliner yang terlibat sangat menarik, pastinya foodies tidak boleh melewatkan festival kuliner satu ini,” tambah Anita.

Berbagai kegiatan seru dan menguntungkan bagi para foodies juga menjadi poin utama yang membedakan Pucuk Coolinary Festival dengan festival kuliner lainnya. Para foodies tidak perlu merogoh kocek yang terlalu dalam untuk bisa wisata kulineran di Pucuk Coolinary Festival, karena akan ada sesi ‘Happy Hour’, dengan memberikan voucher potongan harga spesial yaitu Rp10.000 di semua tenant pada jam-jam tertentu. 

Selain itu, Teh Pucuk Harum bekerja sama dengan salah satu tenant kuliner favorit Makassar akan bagi-bagi 10,000 porsi Otak-Otak favorit Makassar secara gratis dengan menukarkan botol kosong Teh Pucuk Harum dengan kupon yang nantinya bisa ditukar di booth ‘Bagi-Bagi 10,000 porsi Otak-Otak favorit Makassar’ selama acara berlangsung.

Bagi para foodies yang jago makan pedas, Pucuk Coolinary Festival mengadakan ‘Spicy King Noodle Contest’, yaitu lomba untuk menyantap mie jumbo pedas dalam waktu dan level pedas yang sudah ditentukan dimana pemenangnya bisa membawa pulang hadiah-hadiah seru. Ada pula grand prize sebanyak 1 unit motor Yamaha NMAX yang akan dibagikan setiap harinya untuk foodies yang beruntung.  Sambil menikmati aneka sajian kuliner, pengunjung juga akan ditemani oleh hiburan musik yang asik dari musisi lokal kota Makassar dan penampilan dari Andmesh.  

Pucuk Coolinary Festival tidak hanya memanjakan para foodies dengan aneka sajian kuliner favorit, festival kuliner pun diakui mampu menjadi ruang untuk mendorong perkembangan bisnis kuliner lokal agar bisa dikenal lebih dekat oleh masyarakat khususnya para pecinta kuliner. Teh Pucuk Harum berkomitmen untuk mendorong perkembangan kuliner di Indonesia dengan memberikan apresiasi terhadap para tenant yang merupakan bagian dari UMKM di Indonesia lewat kegiatan ‘Pemilihan Tenant Favorit’ yang akan dipilih langsung oleh foodies. Tenant favorit yang terpilih akan membawa pulang uang tunai senilai jutaan rupiah sebagai modal untuk mengembangkan bisnis kulinernya.

“Kami berharap kehadiran Pucuk Coolinary Festival di kota Makassar ini dapat memberikan ruang bagi para UMKM Indonesia khususnya kota Makassar agar dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan daya beli di daerah tersebut sekaligus memperkenalkan kuliner-kuliner favoritnya sehingga bisa menjadi icon kuliner dari kota tersebut," tutup Yustina.

Loading...
Loading...

Berita Terkait