Sabtu, 29 Juni 2019 09:40 WITA

BTPN Buka Transaksi Valas Via Tabungan Digital Jenius

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
BTPN Buka Transaksi Valas Via Tabungan Digital Jenius
Ilustrasi mata uang asing. Int.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk (BTPN) meluncurkan fitur layanan perbankan digital terbarunya. 

Yakni berupa pilihan saldo mata uang valuta asing (valas) pada aplikasi tabungan digital Jenius.

Digital Banking Business Product Head Bank BTPN, Waasi B Sumintardja, mengatakan, kehadiran layanan ini bertujuan memudahkan transaksi nasabah dalam mata uang asing.

Saat ini pihaknya memiliki tiga pilihan mata uang asing yang bisa digunakan untuk bertransaksi, yakni dolar Amerika Serikat (USD), dolar Singapura (SGD), dan yen Jepang (JPY). 

"Untuk layanan tabungan valas, sejak diluncurkan bulan lalu sudah ada 10.000 pengguna," ujarnya yang dikutip dari Kontan, Sabtu (29/6/2019).

Ia menambahkan, dalam satu bulan, nasabah Jenius diperkenankan untuk melakukan pembelian mata uang asing maksimal sebanyak US$20.000 atau setara. 

"Itu karena sesuai ketentuan OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Kalau penggunannya tidak terbatas," terangnya.

Loading...

Untuk dapat menggunakan fitur tersebut, nasabah Jenius harus lebih dulu mengaktifkan kartu utama (m-Card). Setelah aktif, pengguna Jenius bisa melakukan transaksi jual dan beli mata uang asing dengan rupiah dan sebaliknya melalui aplikasi.

Pengguna juga bisa menentukan salah satu saldo yang akan dihubungkan ke m-Card serta menikmati kemudahan transaksi di luar negeri dengan saldo mata uang asing yang dimiliki.

Usai mengaktifkan saldo mata uang asing, pengguna bisa membeli mulai dari US$ 10, SGD 10 SGD dan JPY 1.000 sebagai setoran awal dan setoran selanjutnya mulai dari US$, SGD 1 atau JPY 1. Bukan hanya pembelian, nasabah Jenius juga bisa melakukan penjualan mata uang asing di aplikasi Jenius.

Menurut catatan BTPN, saat ini sudah ada lebih dari 1,4 juta nasabah Jenius, dengan pengguna aktif mencapai lebih dari 50%. Nah, dari jumlah tersebut sebanyak 41% sudah menggunakan valas untuk bertransaksi. 

Ke depan, BTPN berencana untuk menambah jenis mata uang yang dapat digunakan. Setidaknya dalam rencana bisnis, ada sepuluh mata uang populer yang bisa digunakan. Misalnya euro, dollar Hong Kong dan renminbi yuan.

Loading...
Loading...