Senin, 17 Juni 2019 09:11 WITA

Regulasi Belum Terbit, Grup Bakrie Siap Pasarkan Bus Listrik

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Regulasi Belum Terbit, Grup Bakrie Siap Pasarkan Bus Listrik
Sumber Foto: Kontan.

RAKYATKU.COM - Meskipun peraturan terkait kendaraan bertenaga listrik belum terbit, PT Bakrie Autoparts berencana segera memasarkannya. Bahkan, rencananya PT Barie Autoparts akan menguji bus listrik merek BYD asal Tiongkok.

Rencananya, uji coba perdana satu unit kendaraan akan dilakukan pada Juli 2019 mendatang. Kemudian pada Oktober 2019, rencananya Bakrie Autoparts akan kembali menggelar uji coba kendaraan sebanyak dua hingga tiga unit. Tahapan uji coba nantinya berlanjut pada pemesanan produk. 

"Setelah trial dimulai Juli sampai akhir tahun selesai, baru mereka akan order," kata Dino A Ryandi, Chief Executive Officer PT Bakrie Autoparts yang dikutip dari Kontan, Minggu (17/6/2019).

Saat ini, Bakrie Autoparts memiliki dua tipe bus yakni BYD C6 dan K9. Keduanya dalam proses pembuatan chasis di pabrikan BYD Automobile Co Ltd yang berkantor pusat di Shenzhen, China.

Konsep BYD C6 untuk angkutan jarak pendek. Sementara BYD K9 untuk bus dalam kota atawa intra city.

Loading...

Kelak, Bakrie Autoparts mendatangkan kedua bus listrik secara utuh. Sementara proses perakitan di fasilitas karoseri milik Nusantara Gemilang Kudus.

Bakrie Autoparts sendiri telah mengantongi kontrak uji coba dengan PT Transportasi Jakarta alias Transjakarta. 

Pemerintah Provinsi Daerah DKI, melalui Transjakarta,  memang berencana meluncurkan bus listrik yang akan digunakan sebagai salah satu moda transportasi kota.

Loading...
Loading...