Jumat, 24 Mei 2019 02:27 WITA

Bukan lagi Penelitian Prilaku, KPPU Tingkatkan Penyelidikan Tiket Penerbangan

Penulis: Yuniastika Datu
Editor: Adil Patawai Anar
Bukan lagi Penelitian Prilaku, KPPU Tingkatkan Penyelidikan Tiket Penerbangan

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Kenaikan harga tiket yang melambung sejak tahun 2018, mendorong Komisi Persaingan Usaha (KPPU) menyelidiki prilaku maupun kebijakan para pelaku usaha khususnya penerbangan.

Komisioner KPPU RI, Candra Setiawan mengatakan, untuk prilaku, pihaknya tidak lagi berada pada tataran penelitian tetapi saat ini masuk dalam tahap penyelidikan. 

"Mahalnya harga tiket pesawat ini, kita menduga ini terjadi akibat dampak adanya kartel, " tuturnya pada dalam Forum Jurnalis yang di gelar KPPU Wilayah VI di Makassar,  yang dirangkaikan dengan Buka puasa bersama anak Panti Asuhan, Kamis (23/5/2019).

Candra menambahkan, pihaknya telah meminta klarifikasi dari berbagai pihak terkait, serta telah berkoordinasi dengan Kementrian Perhubungan.  

Loading...

"Kita sudah memeriksa dan meminta keterangan berbagai pihak, memang tidak mudah, harus ada bukti secara pihak," tuturnya.  

Menurutnya, Setelah KPPU berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan, salah satu solusi yang dihasilkan adalah penurunan ambang Batas (TBA). 

"KPPU terus memantau pergerakan tiket saat ini," tutupnya didampingi Pelaksana Tugas Harian KPPU Wilayah VI,  Aru Armando. 

Tags
Loading...
Loading...