Sabtu, 30 Maret 2019 08:03 WITA

Biaya Pengiriman Barang di J&T Express Bakal Kembali Sesuaikan Tarif

Editor: Trio Rimbawan
Biaya Pengiriman Barang di J&T Express Bakal  Kembali Sesuaikan Tarif
ft:IT

RAKYATKU. COM,  MAKASSAR – Setelah Desember 2018 lalu melakukan penaikan dan penyesuaian tarif, April 2019 ini, PT Global Jet Express pengelola merek dagang jasa kurir J&T Express kembali akan menyesuaikan tarif pengiriman barangnya.

Public Relations J&T Express, Elena menuturkan penyesuaian tarif tersebut terdiri atas penurunan dan penaikan tarif kiriman ke tujuan tertentu.

“April akan ada kenaikan, sebenarnya penyesuaian, jadi tidak hanya naik ada yang turun ada yang naik. Kami sesuaikan dengan keadaan di lapangan karena biaya operasional yang berubah,” ujarnya seperti dikutip di Bisnis.com, Kamis (28/3/2019).

Namun, dia enggan merinci besaran perubahan tarif tersebut karena sifatnya yang masih rencana dan variasi daerah tujuan. “Kalau untuk besarannya naik dan turunnya tidak signifikan tiap area juga beda-beda, pastinya belum bisa dibagikan masih belum diinformasikan juga,” tambahnya.

Perubahan dari sisi operasional tersebut terangnya pengaruh dari sisi transportasi di lapangan, jarak dan bahan bakar. Elena juga memastikan penyesuaian tarifnya tidak sesignifikan yang dilakukan pada Desember 2018 lalu, karena penyesuaian tidak terjadi pada mayoritas kiriman.

“Untuk penyesuaian tarif kalau dari J&T sudah berjalan sejak Desember lalu dan sudah kami umumkan juga melalui website kami. Desember lalu pun kami terpaksa melakukan penyesuaian harga karena beban biaya Surat Muatan Udara [SMU] yang juga meningkat,” ungkap Elena.

Namun, dia kembali enggan menjelaskan lebih lanjut terkait dengan seberapa besar persentase kenaikannya, karena kenaikan setiap area berbeda bergantung pada SMU masing-masing area.

Dari sisi kisaran pun J&T masih enggan mengungkapkan kenaikannya. “Kami juga agak sulit karena kenaikan tiap area berbeda, untuk ini belum bisa saya bagikan karena tidak bisa dibagi-bagi paling tingginya berapa,” imbuhnya.
Perusahaan Jasa Pengiriman Pos dan Logistik mulai mengimplementasikan rencana kenaikan tarifnya. Hal ini karena Surat Muatan Udara (SMU) atau tarif kargo udara yang terus meningkat biayanya.

Kenaikan tarif jasa pengiriman kargo udara berimbas pada struktur biaya pengiriman barang perusahaan dan biaya operasional. Pasalmya, rata-rata biaya SMU bagi perusahaan jasa ekspedisi ekspres bisa mencapai 30% dari total biaya pengiriman.

Tarif SMU, lanjutnya, merupakan salah satu komponen terbesar yang ada dalam industri jasa pengiriman sehingga kebijakan kenaikan kenaikan beban biaya SMU akan berdampak pada tarif pengiriman.

Surat Edaran J&T Express Makassar Ikut Naik 1 April 2019
Berdasarkan surat edaran nomor: 04.028/PT.IAJL/SPb.VIP-Ops/III/2019, J&T Wilayah Agent 22 Sulsel, Sulbar, Sultra dan Papua juga sudah terlebih dahulu mengumumkan ke masyarakat rencana penyesuaian tarif yang terhitung 1 April 2019 ini.


Dalam surat dengan tanggal Makassar 11 Maret 2019 berbunyi :
Dengan hormat, 
Kami menyampaikan kondisi mengenai kebijakan yang diambil oleh maskapai dengan menaikkan tarif cargo/muatan udara sejak Bulan November 2018 dilakukan secara berturut-turut dalam jangka waktu yang terbilang singkat, sehingga memicu peningkatan cost/biaya pendistribusian, maka kami menghimbau kepada seluruh pengguna layanana pengiriman bahwa pertanggal 1 April 2019 J&T Express secara efektif memberlakukan penyesuaian tarif tergantung pada wilayah, tujuan dan eksesnya. Harapan yang kami hantarkan agara Bapak/I, dapat mengerti dan memaklumi kebijakan yang diambil sehingga kami dapat terus hadir dalam memenuhi kebutuhan jasa kirim, serta memberi pelayanan yang optimal. Demikian informasi ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

Demikian bunyi surat tersebut yang ditandatangani, Hengky sebagai Direktur, Andi Syamsul R sebagai VIP Manager dan Awaluddin, Operasional Manager dengan stempel J&T express Easy Life Makassar, PT Indo Aman Jaya Lestari.
 

Loading...
Loading...

Berita Terkait