Selasa, 08 Januari 2019 16:30 WITA

Pemerintah Tawarkan SBR 005, Bisa Investasi dengan Rp1 Juta

Editor: Andi Chaerul Fadli
Pemerintah Tawarkan SBR 005, Bisa Investasi dengan Rp1 Juta

RAKYATKU.COM - Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Resiko (DJPPR) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) akan meluncurkan Savings Bond Ritel seri 005 (SBR 005). Obligasi negara ini dapat dimiliki dengan berinvestasi mulai dari Rp1 juta hingga Rp3 miliar.

Instrumen investasi ini akan ditawarkan mulai tanggal 10-24 Januari 2019. Dengan nilai portofolio yang terbilang rendah, instrumen ini diharapkan bisa menyasar semua kalangan, termasuk ibu rumah tangga dan millenial.

SBR 005 memiliki kupon yang mengambang dengan kupon minimal (floating with floor) dan mengacu pada BI 7 Day Reverse Repo Rate. Artinya besaran kupon SBR akan disesuaikan dengan perubahan BI 7 Day Reverse Repo Rate setiap tiga bulan sekali.

Sedangkan kupon minimal artinya tingkat kupon pertama yang ditetapkan akan menjadi kupon minimal yang berlaku sampai dengan jatuh tempo. Kupon SBR005 ditetapkan 8 Januari 2019.

Cara mendapatkan SBR 005 cukup dengan 4 langkah mudah yaitu registrasi pada sistem elektronik yang disediakan oleh Mitra Distribusi, melakukan pemesanan pada tanggal penawaran. 

Kemudian melakukan pembayaran dan memperoleh konfirmasi berupa NTPN (Nomor Transaksi Penerimaan Negara) dan notifikasi completed order serta akan memperoleh alokasi SBR005 pada tanggal setelmen/penerbitan.

Adapun Mitra Distribusi yang dapat dihubungi adalah Bank Mandiri, BNI, BTN, BRI, BCA, Bank Permata, Bareksa, Investree, dan Tanamduit.