Sabtu, 05 Januari 2019 09:16 WITA

Tahun Politik, Bisnis Kuliner Diprediksi Akan Tumbuh di 2019

Penulis: Yuniastika Datu
Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Tahun Politik, Bisnis Kuliner Diprediksi Akan Tumbuh di 2019

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Di tahun 2019, bisnis kuliner diprediksi akan tumbuh. Banyak faktor yang menjadi pendorongnya, salah satunya budaya masyarakat yang cenderung mencari sesuatu yang mudah dan gampang. 

Bisnis kuliner di Kota Makassar masih menjadi primadona sebagian besar kalangan pelaku usaha. Tidak heran jika berbagai penawaran ditemui ditiap ruas kota.

Salah seorang pengusaha kuliner, Muchlis mengatakan, bisnis kuliner tidak akan pernah mati karena makanan merupakan kebutuhan pokok manusia.

"Kuliner kedepan tetap eksis karena merupakan kebutuhan pokok manusia. Apalagi sekarang Makassar sudah jadi kota metropolitan. Masyarakatnya sudah cenderung sibuk. Olehnya perlu tempat makan yang siap saji dan nyaman," kata Muchlis.

Bahkan Owner Begos ini memprediksi, pertumbuhan bisnis kuliner pada tahun 2019 akan meningkat sekitar 5% hingga 7%.

Loading...

Sementara itu, pengamat ekonomi, Anas Iswanto Anwar menjelaskan, terlepas dari adanya tahun politik, bisnis kuliner sangat menjanjikan di tahun 2019. 

"Kenapa menjanjikan karena gaya hidup sudah begitu. Gaya hidup yang dari sisi ekonomi memaksa orang untuk bekerja. Dulu, keadaan ekonomi cukup kalau hanya suami yang kerja. Sekarang tidak mi, harus suami istri yang kerja, nah siapa yang masak? Inilah yang menjadi salah satu alasan kenapa bisnis kuliner sangat menjanjikan," terang Anas.

Saat ini, kata Anas, masyarakat cenderung mencari yang lebih mudah. Hanya saja, menurutnya perlu dicermati oleh pengusaha untuk tidak ikut-ikutan.

"Karena kalau satu produk dan semua lari kesitu pasti berkurang omsetnya. Mesti mencari alternatif lain, jadi harus kreatif," tuturnya.

Loading...
Loading...