Selasa, 18 Desember 2018 14:38 WITA

Ke Mana Arah Pengembangan UMKM 2019? Begini Jawaban BI

Penulis: Sartika Marzuki
Editor: Nur Hidayat Said
Ke Mana Arah Pengembangan UMKM 2019? Begini Jawaban BI
Kepala Perwakilan Bank Indonesia BI Provinsi Sulawesi Selatan, Bambang Kusmiarso.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Kepala Perwakilan Bank Indonesia BI Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Bambang Kusmiarso mengungkapkan, arah bauran kebijakan BI di tahun 2019. Utamanya menyangkut pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Arah bauran kebijakan tersebut, kata Bambang, mengenai program-program pengembangan UMKM yang akan diperluas dan difokuskan pada pengendalian inflasi, serta penurunan defisit transaksi berjalan.

"Keberhasilan pengembangan klaster UMKM untuk komoditas pangan strategis di berbagai daerah, mulai dari beras, cabai merah, bawang merah, bawang putih dan sapi, akan diperluas untuk mendukung pengendalian inflasi," tutur Bambang, Selasa (18/12/2018).

Demikian pula, pengembangan klaster UMKM di bidang kerajinan, seperti batik dan industri rumah tangga sesuai keunikan budaya daerah. Termasuk sektor pertanian. Hal itu akan terus ditingkatkan dan diarahkan untuk ekspor dan pariwisata.

Loading...

Bank Indonesia juga berjanji akan terus mendorong UMKM binaan melalui UMKM go-digital dan integrasi dengan usaha syariah.

"Melalui keikutsertaan dalam berbagai pameran bertaraf nasional dan internasional yang secara rutin diselenggarakan. Kami yakin UMKM binaan mampu meningkatkan skala usaha, menjalin hubungan bisnis dengan mitra perbankan dan dunia usaha," ujarnya.

Bambang juga meyakini, UMKM ke depannya juga bakal mampu meningkatkan ekspor. Sehingga mampu meningkatkan perekonomian dan kesejahteran masyarakat.

Loading...
Loading...