Selasa, 18 Desember 2018 12:19 WITA

2019, BI Sulsel Dorong Pengembangan Ekonomi Syariah

Penulis: Sartika Marzuki
Editor: Mulyadi Abdillah
2019, BI Sulsel Dorong Pengembangan Ekonomi Syariah
Bank Indonesia (BI) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) saat memberikan keterangan pers beberapa waktu lalu.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Bambang Kusmiarso mengatakan, pihaknya akan terus mendorong pengembangan ekonomi dan keuangan syariah Sulsel di tahun 2019.

Cara yang tempuh baik melalui program-program BI, maupun sebagai bagian program Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS).

"Kami meyakini bahwa pengembangan ekonomi syariah dapat menjadi sumber pertumbuhan baru ekonomi Indonesia, sekaligus mengejar ketertinggalan dari negara-negara lain," ungkap Bambang baru-baru ini.

Sebagai pilar pertama pengembangan ekonomi syariah, lanjut Bambang, BI memberikan dorongan melalui pengembangan ekosistem halal value chain. Utamanya di sektor makanan, fashion dan pariwisata, didukung kampanye gaya hidup halal.

"Kapasitas usaha syariah di lingkungan pesantren akan kami tingkatkan. Tentunya melalui berbagai linkage usaha antara pesantren, termasuk pengembangan virtual market," tuturnya.

BI juga bakal terus berpartisipasi aktif dalam mendorong pembiayaan ekonomi melalui penerbitan sukuk. Khususnya untuk pembangunan infrastruktur serta integrasi keuangan sosial dan komersial syariah, seperti pemberdayaan zakat dan wakaf produktif.

Sementara edukasi dan kampanye pengembangan ekonomi-keuangan syariah dan gaya hidup halal, akan digiatkan melalui penyelenggaraan secara rutin Festival Ekonomi Syariah (FeSyar) di tiga wilayah Indonesia dan International Syariah Expo dan Festival (ISEF) bertaraf internasional.

Loading...