Sabtu, 15 Desember 2018 22:30 WITA

Dampak Perang Dagang, China Pangkas Tarif Impor Otomotif USA

Editor: Eka Nugraha
Dampak Perang Dagang, China Pangkas Tarif Impor Otomotif USA
Ilustrasi

RAKYATKU.COM --- Ketegangan dagang antara China dan Amerika Serikat mulai memasuki babak baru. Negosiasi antara kedua negara ini mulai memunculkan keputusan. Salah satu kesepakatan yang muncul adalah China akan mengurangi tarif atas impor mobil buatan AS ke China. 

Mengutip CNN Business, Presiden AS Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping mengeluarkan pernyataan bahwa pihaknya akan menghapus tarif tambahan 25% dari impor mobil AS selama tiga bulan mulai 1 Januari 2019. China juga akan memangkas 5% tarif untuk 67 suku cadang impor dari AS. 

Sebelumnya China memang memberlakukan tarif tambahan untuk mobil asal AS pada Juli lalu dan suku cadang pada September 2018. Ini dilakukan karena China ingin membalas tarif yang diberlakukan oleh AS.

Pada pertemuan di Argentina, Trump dan Xi akhirnya menyetujui negosiasi perang dagang selama 90 hari ke depan. Kementerian Keuangan China menyebut China siap untuk menghapus tarif sebagai langkah konkret agar kedua negara bisa diuntungkan.

Loading...

Akibat perang dagang, perusahaan mengaku rugi akibat ekspor ke China. Pasalnya ekspor mobil penumpang AS ke China turun US$ 2,4 miliar atau merosot 30% selama 9 bulan pertama tahun ini.

Tak hanya karena perang dagang, ini juga bisa disebabkan oleh mulai lambatnya penjualan mobil di China. Memang pangsa pasar terbesar penjualan mobil AS adalah di China.(*) 

Loading...
Loading...