Jumat, 14 Desember 2018 14:26 WITA

BI Prediksi Pertumbuhan Kredit Sulsel Tahun 2019 Bisa Melebihi 8 Persen

Penulis: Sartika Marzuki
Editor: Ibnu Kasir Amahoru
BI Prediksi Pertumbuhan Kredit Sulsel Tahun 2019 Bisa Melebihi 8 Persen
Kepala Perwakilan BI Provinsi Sulsel, Bambang Kusmiarso (kiri).

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Sejalan dengan pertumbuhan ekonomi yang diproyeksikan berada dalam kisaran 7,2 persen sampai 7,6 persen (yoy), Bank Indonesia Kantor wilayah Sulawesi Selatan (Sulsel) memprediksi pertumbuhan kredit di Sulsel juga akan terus membaik.

Kepala Perwakilan BI Provinsi Sulsel, Bambang Kusmiarso memperkirakan, pertumbuhan akan berada pada rentang 8 persen hingga 10 persen (yoy) di 2019.

Hal ini diungkapkan, mengingat pertumbuhan kredit di Oktober 2018 masih yang tetap kuat, yaitu sebesar 7,4 persen (yoy).

"Pertumbuhan kredit ini akan diimbangi dengan pertumbuhan DPK (Dana Pihak Ketiga). Pada kisaran 6 persen sampai 8 persen (yoy)," kata Bambang.

Namun demikian, lanjut Bambang, kedepannya ekonomi Sulsel masih menghadapi tantangan. Misalnya sasaran inflasi yang tetap rendah disertai potensi gangguan cuaca.

Loading...

"Tantangan lainnya juga berasal dari perdagangan luar negeri yang cenderung menurun, dengan tantangan eksternal yang meningkat," ungkapnya

Antara lain dinamika ekonomi global yang berpotensi memberikan tekanan kepada harga komoditi. Serta masih tingginya harga minyak dunia.

"Olehnya, sinergi dan koordinasi yang lebih kuat melalui forum TPID (Tim Pengendalian Inflasi Daerah) provinsi dan kabupaten/kota sangat diperlukan kedepannya," pungkas Bambang.

Loading...
Loading...