Kamis, 06 Desember 2018 13:04 WITA

BI: Kinerja Ekonomi Indonesia Cukup Baik di 2018

Penulis: Sartika Marzuki - Arfa Ramlan
Editor: Nur Hidayat Said
BI: Kinerja Ekonomi Indonesia Cukup Baik di 2018
Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Bambang Kusmiarso.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Bambang Kusmiarso menyatakan, kinerja perekonomian Indonesia cukup baik di 2018.

"Di tengah perkembangan ekonomi global yang kurang kondusif, kinerja perekonomian Indonesia pada tahun 2018 cukup baik. Dengan stabilitas yang tetap terjaga dan momentum pertumbuhan yang terus berlanjut," kata Bambang, Kamis (6/12/2018). 

BI memprediksi, pertumbuhan ekonomi Indonesia mencapai sekitar 5,1 persen. Ditopang oleh kuatnya permintaan domestik yang tumbuh sekitar 5,5 persen.

Investasi juga tumbuh kuat, yaitu sekitar 6,8 persen. Didukung oleh tingginya investasi non-bangunan yang tumbuh sekitar 10 persen dan berlanjutnya kenaikan investasi bangunan sekitar 5,7 persen.

Loading...

"Konsumsi rumah tangga juga tumbuh relatif tinggi, yaitu sekitar 5,2 persen. Didukung oleh terjaganya daya beli dan meningkatnya program sosial pemerintah," ungkapnya.

Ekspor secara riil tumbuh sekitar 6,9 persen, imbuhnya. Sementara impor sebesar 12,3 persen. Sehingga pada tahun 2018, transaksi berjalan berkontribusi negatif terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Loading...
Loading...