Selasa, 20 November 2018 12:38 WITA

Tidak Hanya Kendaraan, Perusahaan Pembiayaan Juga Siapkan Dana Nikah

Penulis: Sartika Marzuki
Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Tidak Hanya Kendaraan, Perusahaan Pembiayaan Juga Siapkan Dana Nikah

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Sudah menjadi rahasia umum, jika pelaksanaan resepsi pernikahan membutuhkan biaya besar. Baik untuk membeli emas kawin, undangan, katering, dokumentasi, gaun pengantin, hingga sewa gedung.

Biaya pernikahan kian terasa berat akibat menjamurnya konsep instagramable. Dimana banyak pasangan ingin mewujudkan pernikahan impian, namun tidak memiliki dana yang cukup.

Melihat adanya peluang dalam persoalan yang tengah dihadapi para calon pengantin, perusahaan pembiayaan pun hadir. Dengan menghadirkan pembiayaan multi guna. Salah satu jenisnya yaitu pinjaman dana pernikahan.

Ketua Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) Sulawesi Selatan, I Putu Danda Dharmika mengatakan, pinjaman dana pernikahan tersebut dilakukan bekerja sama denga wedding organizer (WO).

Loading...

"Pasangan yang mengajukan pinjaman, harus menggunakan WO yang sudah bekerjasama dengan perusahaan pembiayaan. Jadi nanti pasangan tersebut hanya membayar uang muka kepada WO. Sementara sisanya di lunasi oleh perusahaan pembiayaan," kata Putu.

Putu mengungkapkan, pinjaman dana pernikahan tersebut masih dengan sistem cicilan. Tetap ada jangka waktu kredit atau tenor yang berlaku satu sampai tiga tahun. Serta jaminan berupa BPKB atau sertifikat rumah.

"Kalau di Makassar, produk ini baru berjalan. Tapi belum terlalu di eksplor. Kalau di Jakarta sudah lama, sekitar dua tahun. Perusahaan pembiayaan yang menyediakan pinjaman ini juga baru beberapa, FIF dan BFI. Adira juga ada, cuma belum terlalu fokus ke sana," pungkasnya.
 

Tags
Loading...
Loading...