Sabtu, 17 November 2018 18:38 WITA

Ibu Rumah Tangga Ini Manfaatkan Jamur Jadi Ladang Bisnis

Penulis: Nur Izzati
Editor: Andi Chaerul Fadli
Ibu Rumah Tangga Ini Manfaatkan Jamur Jadi Ladang Bisnis

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Bisnis kuliner saat ini masih menjadi salah satu primadona bagi sebagian besar kalangan di Makassar. Selain tidak membutuhkan modal terlalu besar, namun berpeluang memperoleh keuntungan yang besar.

Apalagi jika bahan baku yang digunakan berasal dari sumber daya alam. Misalnya jamur.

Seperti yang dilakukan Rifkah Azizah Ibrahim. Ibu satu anak ini merintis usaha kuliner yang diberi nama Mak Jamur. 

Awalnya, ia tidak kepikiran untuk menjalankan usaha tersebut. Namun, pertemuan dengan teman lama, membuatnya menambah pengetahuan tentang jamur.

"Teman saya bercerita kalau dia lagi membudidayakan jamur tiram. Nah, dari sana saya mulai penasaran untuk apa sih jamur Tiram itu. Saya sharing dengan teman sambil googling juga soal pengelolaan jamur tiram. Ternyata banyak sekali olahan makanan dri jamur Tiram ini," kata dia.

Misalnya jamur krispi, sate jamur, rawon jamur, bahkan abon jamur.

Menurutnya, kreasi dari jamur tiram belum familiar di masyarakat sulsel. "Jadi saya tanya teman yang domisili luar sulsel, teman sya di Jogja bilang kalau disana banyak yang jualan jamur di warung makan dan rasanya enak," jelasnya.

Ia meyakini, kreasi jamur ini baru di Makassar saja yang menggunakan toping saus teriyaki, saus kacang dan keju mozzarella. Pasalnya, ia sempat melakukan survey di sosial media. Namun kreasi yang ditemui hanya pakai cabai olahan dan keripik saja.

"Hanya saja, budidaya jamur di Sulsel masih kurang. Saya harap kedepannya agar pihak pembudidaya jamur bisa turut berkembang tentunya," kata Ika.

Jamur tiram krispi dengan varian toping saus ini dibandrol mulai harga Rp15 ribu - Rp18 ribu saja.

Tags