Minggu, 04 November 2018 15:07 WITA

Bukan Sidrap, Ini Daerah Dengan Produksi Padi Tertinggi di Sulsel 2018

Penulis: Sartika Marzuki
Editor: Andi Chaerul Fadli
Bukan Sidrap, Ini Daerah Dengan Produksi Padi Tertinggi di Sulsel 2018

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap) selama ini dikenal sebagai daerah lumbung beras. Tidak hanya di Sulawesi Selatan (Sulsel) tapi juga secara nasional.

Namun ternyata, masih ada beberapa daerah lain yang produksi padinya (Gabah Kering Giling/GKG) menjadi yang tertinggi di Sulsel. Bahkan mengalahkan Kabupaten Sidrap.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sulawesi Selatan (Sulsel), Yos Rusdiansyah mengatakan, daerah penyumbang stok beras terbanyak di Sulsel, yaitu Kabupaten Bone. Dengan produksi padi sebesar 0,97 juta ton.

"Sementara untuk posisi kedua, yakni Kabupaten Wajo dengan produksi 0,91 juta ton. Lalu disusul oleh Kabupaten Pinrang, 0,59 juta ton," kata Yos Rusdiansyah.

Sedangkan Kabupaten Sidrap, hanya menempati posisi keempat dalam urutan penghasil padi tertinggi. Berdasarkan data BPS Sulsel 2018, jumlah produksi padi di daerah yang memiliki luas wilayah 2.506,19 km2 ini, yaitu 0,52 juta ton.

"Untuk daerah dengan produksi padi (GKG) terendah, terjadi di Kabupaten Kepulauan Selayar sebanyak 89 ton, Kota Pare-pare 7,295 ton dan Kota Makassar 12,889 ton," pungkasnya.