Sabtu, 03 November 2018 07:00 WITA

Tak Profesional Bila 8 Benda Ini Ada di Meja Kerja Anda

Editor: Nur Hidayat Said
Tak Profesional Bila 8 Benda Ini Ada di Meja Kerja Anda
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Profesional dalam bekerja ternyata tidak hanya diukur dari seberapa cepat dan tepat Anda menuntaskan berbagai tugas di kantor. Menjadi profesional juga harus tergambar dari kepribadian sehari-hari.

Benda-benda di atas meja kerja dapat menentukan seberapa profesional Anda dalam bekerja. Terdapat beberapa benda yang bila diletakkan di atas meja kerja justru membuat Anda tampak tidak profesional.

Berikut 8 benda yang bila diletakkan di atas meja kerja, akan membuat Anda tampak tidak profesional:

1. Piring kotor

Makan siang di meja kerja adalah hal yang umum terjadi. Akan tetapi, meninggalkan tempat makan atau piring kontor hingga berhari-hari merupakan hal menjijikkan di tempat kerja.

Terdapat beberapa tempat makan atau mug kotor di meja kerja menunjukkan rendahnya kedisiplinan dan manajemen waktu.

2. Tempelan sticky note yang terlalu banyak

Berdasarkan survei 2017 yang digelar perusahaann penyalur karyawan, OfficeTeam, lebih dari 50 persen manajer senior merasa sangat terganggu dengan tempat kerja yang berantakan. Banyaknya tempelan sticky note di meja kerja Anda menunjukkan betapa tidak rapihnya Anda dalam bekerja.

3. Dompet

Menyimpan dompet begitu saja di atas meja kerja merupakan kebiasaan yang dinilai kurang profesional. Bahkan jika karyawan meninggalkan dompet terbuka di atas meja, itu akan membuatnya terlihat lalai dan mengundang kejahatan.

4. Mainan

Sebagian orang menganggap menaruh mainan di atas meja kerja sebagai hal biasa. Namun hati-hati, tim manajemen justru akan memandang Anda tidak siap untuk naik ke jenjang karir yang lebih tinggi.

Dalam banyak hal, mainan cenderung menggambarkan ketidakmatangan seseorang dan melunturkan citra profesional Anda.

5. Perlengkapan mandi dan make up

Kecuali Anda bergelut di bisnis uji produk, maka item seperti deodorant, make up atau sikat gigi tak punya tempat di meja Anda. Meski penampilan sangat penting, tapi jangan jadikan itu sebagai fokus utama.

Kebiasaan meletakkan perlengkapan kebersihan diri dan kecantikan justru akan membuat Anda terlihat lebih peduli dengan penampilan dibandingkan pekerjaan.

6. Rokok

Anda mungkin pernah menemukan rekan kerja yang meletanggakn sebungkus rokok di atas meja kerjanya. Meletakkan rokok di atas meja sebenarnya termasuk tindakan tidak profesional. Lantaran itu dapat memicu persoalan di kantor dan menunjukkan diri Anda kurang memperhatikan kesehatan.

7. Dekor musiman yang dipakai sepanjang tahun

Katakan saja, pada hari spesial tertentu, seperti saat merayakan kemerdekaan, Anda memasang dekorasi serba merah putih. Namun jika Anda tidak mengganti dekorasi meja dan membiarkannya bertahan sepanjang tahun, Anda justru akan dicap pemalas.  Anda juga akan dianggap pelupa dan hal tersebut dapat berdampak negatif pada karier.

8. Benda-benda berbau politik

Jelang pemilihan umum, jika Anda adalah orang yang fanatik, hindari menyimpan pamflet, poster atau pin orang yang Anda dukung di atas meja kerja. Itu akan membuat Anda tak objektif dan tak cocok berada di tempat bekerja sekarang.

Sumber: Business Insider, Liputan6

Berita Terkait