Senin, 22 Oktober 2018 15:02 WITA

Perbankan Syariah Tumbuh Dobel Digit, Muamalat: Berkah Semangat Hijrah Umat

Penulis: Sartika Marzuki
Editor: Nur Hidayat Said
Perbankan Syariah Tumbuh Dobel Digit, Muamalat: Berkah Semangat Hijrah Umat
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kantor Regional 6 Sulawesi, Maluku, dan Papua (Sulampua), kinerja perbankan syariah mengalami pertumbuhan positif.

Hal itu tercermin dari posisi aset perbankan syariah yang tercatat tumbuh besar, yakni 16,20 persen secara tahunan atau year on year (yoy) per akhir Agustus 2018, atau dengan nominal Rp8,18 triliun.

Sementara Dana Pihak Ketiga (DPK) perbankan syariah, juga terus bergerak ke level dua digit yakni 11,77 persen (yoy) dengan nominal Rp4,72 triliun.

Kepala Kanwil Muamalat Regional Silampua, Ahmad Syafril Ilham, mengakui bank syariah yang dipimpinnya mengalami pertumbuhan yang cukup baik di 2018.

"Hingga kuartal lalu, Muamalat tumbuh belasan persen. Lebih dari tahun lalu yang hanya satu digit. Saya kira (pertumbuhan) itu adalah berkah dari semangat umat sekarang untuk berhijrah, khususnya milenial," kata Ahmad Syafril kepada Rakyatku.com, Senin (22/10/2018).

Selain itu, lanjutnya, pertumbuhan kinerja perbankan syariah juga merupakan dampak dari adanya kesadaran nasabah, tentang bermuamalah riba.

"Kami punya banyak nasabah yang tadinya di konvensional atau malah belum berbank sama sekali, akhirnya memilih ke Bank Muamalat atau bank syariah lainnya, yang tidak memiliki unsur riba," ungkapnya.

Ahmad Syafril optimistis pertumbuhan kinerja perbankan syariah, baik meliputi aset, DPK atau lainnya, akan terus bergerak positif hingga akhir tahun 2018.